PENERAPAN KARAKTER DISIPLIN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) (Studi Deskripsi Pada Kelas 3 A Di Sdit Iqra 2 Kota Bengkulu)

Herpanda, Kelvin (2024) PENERAPAN KARAKTER DISIPLIN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) (Studi Deskripsi Pada Kelas 3 A Di Sdit Iqra 2 Kota Bengkulu). Undergraduate thesis, UIN Fatmawari Sukarno.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (307kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (412kB)
[img] Text
SKRIPSI KELVIN HERPANDA_1811240026.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui penerapan karakter disiplin pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SDit Iqra 2. Untuk mengetahui hambatan penerapan karakter disiplin pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SDit Iqra 2.. Jenis penelitian kualitatif, penulis mengolah hasil wawancara dan observasi menganalisis dan menyimpulkannya, lalu dilakukan analisis data. Hasil penelitian Karakter disiplin dan tanggung jawab siswa selalu diberikan dan ditanamkan oleh para guru Penerapan karakter disiplin pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) (Studi Deskripsi pada Kelas 3 A di SDIT IQRA 2 Kota Bengkulu)baik itu pada jam belajar ataupun pada jam di luar belajar, dikarenakan karakter disiplin dan tanggung jawab sangat penting sekali di berikan kepada siswa di masa perkembanganya beranjak dewasa. Selanjutnya sebelum memberikan disiplin dan tanggung jawab siswa, guru terlebih dahulu yang harus mencontohkannya kepada siswa. Misalnya, datang tepat waktu, memberikan perhatian kepada siswa, mengajak siswa untuk membersihkan lingkungan sekolah Selanjutnya Jika terdapat siswa yang melanggar disiplin sekolah maka biasanya sekolah akan memberikan sanksi yang bertujuan untuk memberikan efek jera kepada siswa tersebut namun tidak melanggar norma pendidikan agama, tetap memberikan contoh didikan yang baik. Hambatan yang ditemukan guru dalam membentuk karakter melalui karakter kedisiplinan dan tanggung jawab pada siswa Factor pendukung seperti, adanya kontrol dari Kepala Sekolah secara langsung dan aktif, adanya peran aktif dari para guru, adanya peran aktif dari viii orang tua siswa, kesadaran para siswa. Faktor penghambat seperti: factor keluarga, factor lingkungan. Solusi yang tepat dalam mengatasi masalah disiplin di SDit Iqra 2 Kota Bengkulu adalah dengan mengoptimalkan peranan guru baik dalam pengawasan disiplin anak maupun dalam melakukan sangsi maupun tindakan dan pada hasil penelitian tampak pihak sekolah memberikan apresiasi pada siswa yang disiplin sehingga hendaknya anak yang lain untuk temotivasi dalam meningkat disiplin.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorAkbarjono, Ali197509252001121001UNSPECIFIED
Thesis advisorNurhikmah, Nurhikmah198709192019032004UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I: Dr. Ali Akbarjono, M.Pd Pembimbing II: Nurhikma, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Penerapan karakter disiplin, PAI
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 18 Jul 2024 04:16
Last Modified: 18 Jul 2024 04:16
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3172

Actions (login required)

View Item View Item