KEMAMPUAN ARGUMENTASI MATEMATIS SISWA MTS KELAS VIII PADA MATERI POLA BILANGAN DAN BARISAN BILANGAN DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA

Bellatama, Lisa Gustiana (2024) KEMAMPUAN ARGUMENTASI MATEMATIS SISWA MTS KELAS VIII PADA MATERI POLA BILANGAN DAN BARISAN BILANGAN DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA. Undergraduate thesis, UIN Fatmawari Sukarno.

[img] Text
COVER DEPAN.pdf

Download (452kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (239kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (183kB)
[img] Text
SKRIPSI LISA GUSTIANA BELLATAMA (1911280031).pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan argumentasi matematis siswa pada materi pola bilangann dan barisan bilangan yang ditinjau dari kemampuan awal matematika. Subjek penelitian adalah siswa MTsN 2 Kota Bengkulu yang berjumlah tiga orang dengan rincian satu orang dengan kemampuan awal matematika tinggi, satu orang dengan kemampuan awal matematika sedang, dan satu orang dengan kemampuan awal matematika rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan awal matematika tinggi secara konsisten memberikan klaim yang benar dan akurat, bukti yang memadai dan tepat, dan alasan yang memadai untuk mendukung klaim mereka, serta dapat menentukan dan menjelaskan pernyataan yang bertentangan dengan klaim mereka. Siswa dengan kemampuan awal matematika sedang dapat menentukan dan menyatakan klaim nilai yang menurutnya benar, tetapi memberikan klaim yang tidak lengkap dan bukti yang tidak memadai. Mereka dapat memberikan alasan untuk mendukung klaim mereka tetapi kesulitan dalam menentukan dan menjelaskan pernyataan yang bertentangan dengan klaim mereka. Siswa dengan kemampuan awal matematika rendah kesulitan dalam memberikan klaim, bukti, dan alasan yang lengkap dan benar untuk mendukung klaim mereka. Mereka juga mengalami kesulitan menentukan dan menjelaskan pernyataan yang bertentangan dengan klaim mereka. Singkatnya, dari keempat indikator menurut Mc Neill dan Krajcik siswa dengan kemampuan awal matematika yang tinggi unggul dalam argumentasi matematika, sementara siswa dengan kemampuan sedang dan rendah masih kesulitan dengan berbagai aspek proses.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSunarto, Andang197611242006041002UNSPECIFIED
Thesis advisorWahyuni, Betti Dian198103302023212015UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I: Prof. Andang Sunarto, Ph.D, Pembimbing II: Betti Dian Wahyuni, M.Pd.Mat.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Argumentasi Matematis, Kemampuan Awal Matematika, Pola Bilangan dan Barisan Bilangan
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadris Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 19 Jul 2024 02:44
Last Modified: 19 Jul 2024 02:44
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3222

Actions (login required)

View Item View Item