PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, KINERJA GURU DAN PELATIHAN GURU PAI TERHADAP IMPLEMENTASI KURIKULUM HOLISTIK BERBASIS KARAKTER DI SD ISLAM PLUS KARAKTER KOTA BENGKULU

OKTARINI, SHINTA LESTARI (2023) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, KINERJA GURU DAN PELATIHAN GURU PAI TERHADAP IMPLEMENTASI KURIKULUM HOLISTIK BERBASIS KARAKTER DI SD ISLAM PLUS KARAKTER KOTA BENGKULU. Masters thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Tesis)
2011540042 S2 PAI Shinta Lestari Oktarini.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pengawasan dan bimbingan kepala sekolah dan sebagian guru masih belum memahami dan melaksanakan sesuai dengan kurikulum PHBK. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisa ada atau tidaknya pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap implementasi kurikulum PHBK, (2) Menganalisa ada atau tidaknya pengaruh kinerja guru PAI terhadap implementasi kurikulum PHBK, (3) Menganalisa ada atau tidaknya pengaruh pelatihan guru PAI terhadap implementasi kurikulum PHBK, (4) Menganalisa ada atau tidaknya pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, kinerja guru dan pelatihan guru PAI terhadap implementasi kurikulum PHBK. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Instrument penelitian yang digunakan adalah angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, uji asumsi dasar, uji asumsi klasik dan uji hipotesis dengan menggunakan regresi linier sederhana, regresi linier berganda, uji t dan uji F. Hasil penelitian: (1) Ada pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap implementasi kurikulum PHBK di SD Islam Plus Karakter Kota Bengkulu yang ditunjukkan pada t hitung (2,352) > t tabel (5% = 1,74) dan pada taraf Signifikansi 0,021 < 0,05. (2) Ada pengaruh kinerja guru PAI terhadap implementasi kurikulum PHBK di SD Islam Plus Karakter Kota Bengkulu yang ditunjukkan pada t hitung (2,002) > t tabel (5% = 1,74) dan pada taraf Signifikansi 0,036 < 0,05. (3) Ada pengaruh pelatihan guru PAI terhadap implementasi kurikulum PHBK di SD Islam Plus Karakter Kota Bengkulu yang ditunjukkan pada t hitung (3,094) > t tabel (5% = 1,74) dan pada taraf Signifikansi 0,003 < 0,05. (4) Ada pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, kinerja guru PAI dan pelatihan guru PAI terhadap implementasi kurikulum PHBK di SD Islam Plus Karakter Kota Bengkulu yang ditunjukkan pada F hitung (3,684) > F tabel (5% = 3,20) dan pada taraf Signifikansi 0,032 < 0,05.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorNurlaili, Nurlaili197507022000032002UNSPECIFIED
Thesis advisorCitra, Desi Eka197512102007102002UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing 1. Nurlaili Pembimbing 2. Desy Eka Citra
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kinerja Guru PAI, Pelatihan Guru PAI, dan Kurikulum PHBK
Subjects: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: Arlan Fairuz
Date Deposited: 13 Jun 2023 04:30
Last Modified: 13 Jun 2023 04:30
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/327

Actions (login required)

View Item View Item