PERAN ORANG TUA DALAM MEMBENTUK KARAKTER SOPAN SANTUN ANAK ATAS DAMPAK MEDIA SOSIAL (STUDI KASUS SISWA KELAS IV D DI MIN 2 KOTA BENGKULU)

AFRIANSYAH, JEFRI (2024) PERAN ORANG TUA DALAM MEMBENTUK KARAKTER SOPAN SANTUN ANAK ATAS DAMPAK MEDIA SOSIAL (STUDI KASUS SISWA KELAS IV D DI MIN 2 KOTA BENGKULU). Undergraduate thesis, UIN Fatmawari Sukarno.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (382kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (462kB)
[img] Text
JEFRI AFRIANSYAH_2011210059.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan Karakter sangat perlu dikembangkan dalam diri setiap manusia. Karena orang yang berkarakter akan menjadikan dirinya lebih bernilai dalam kehidupannya kelak. Karakter seseorang perlu ditanamkan sejak dini. Peran orang tua sebagai pendidik sangatlah mempengaruhi keberhasilan karakter anak itu terbentuk dengan baik, terutama hal sopan santun yang disebabkan karena pengaruh dari penggunaan media sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendekskripsikan peran orang tua sebagai pendidik dan orang tua sebagai motivator dalam membentuk karakter sopan santun anak atas dampak media sosial pada siswa kelas IV D di MIN 2 Kota Bengkulu. Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi.data berdasarkan penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Peran orang tua dalam membentuk karakter sopan santun anak atas dampak media sosial pada siswa kelas IV D di MIN 2 Kota Bengkulu antara lain: Ada beberapa peran atau cara orang tua siswa diantaranya adalah menjadi contoh dan teladan yang baik untuk anak, memberikan hukuman yang mendidik, memberikan aturan yang bersifat tidak menekan anak, dan melakukan pembiasaan perilaku sopan santun baik di rumah maupun di lingkungan masyarakat. Namun ada juga sebagian orang tua yang pasif dan kurang mempunyai wawasan dalam mendidik anaknya, sehingga anak tidak memiliki karakter sopan santun dengan baik. (2) Dampak media sosial terhadap siswa kelas IV D yaitu: dampak media sosial ada dua macam yaitu positif dan juga negatif. Dampak positifnya antara lain anak pengetahuannya menjadi menjadi lebih luas dan menjadi lebih kreatif. Sedangkan dampak negatifnya ialah anak menjadi malas belajar, individualis dan kurang bersosialisasi, berkurangnya adab sopan santun terhadap orang lain maupun kepada orang tua, dan anak menjadi lebih emosional dan juga pemarah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorYumarni, Asmara197108272005012003UNSPECIFIED
Thesis advisorEffendi, Hamdan198804122023211026UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I: Asmara Yurmani M.Ag Pembimbing II: Hamdan Effendi, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Orang Tua, Karakter Sopan Santun, Dampak Media Sosial
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 23 Jul 2024 01:12
Last Modified: 23 Jul 2024 01:12
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3335

Actions (login required)

View Item View Item