ANALISIS BUKU PELAJARAN TEMATIK KELAS II SEKOLAH DASAR/MADRASAH IBTIDAIYAH TEMA HIDUP RUKUN DITINJAU DARI KELAYAKAN ISI DAN PENYAJIAN

Jayanti,, Wella (2023) ANALISIS BUKU PELAJARAN TEMATIK KELAS II SEKOLAH DASAR/MADRASAH IBTIDAIYAH TEMA HIDUP RUKUN DITINJAU DARI KELAYAKAN ISI DAN PENYAJIAN. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
1811240162 FTT PGMI WELLA JAYANTI.pdf - Submitted Version

Download (4MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana analisis buku pelajaran Tematik Kelas II Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah ditinjau dari kelayakan isi buku dan kelayakan penyajian isi buku. Jenis penelitian ini adalah penelitian pustaka (library research) dengan pendekatan penelitian kualitatif. Sumber data primer penelitian ini adalah buku teks pelajaran Tematik Terpadu Kelas II Semester I untuk SD/MI Tema Hidup Rukun yang disusun dan diterbitkan oleh Erlangga tahun 2017, sedangkan sumber data sekundernya adalah literatur-literatur yang relevan dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah telaah kepustakaan. Teknik analisis data penelitian ini adalah menggunakan kerangka berfikir induktif. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Analisis buku pelajaran tematik Kelas II SD/MI ditinjau dari kelayakan isi buku bahwa materi dalam buku pelajaran ini sudah relevan dengan kompetensi inti (KI) dan kompetensi dasar (KD) dalam kurikulum, serta dapat dinyatakan bahwa materi dalam buku pelajaran ini sudah terpenuhi kelengkapan materinya, keluasan materinya, dan kedalaman materinya yang dibuktikan dengan banyaknya nilai-nilai karakter yang muncul dalam buku pelajaran ini seperti pembentukan karakter kerjasama, berpikir kritis, tanggung jawab, peduli sesama dan suka menolong. Kelemahan yang ditemukan dalam buku pelajaran ini yaitu masih ada materi yang sulit dipahami peserta didik seperti makna kosakata yang sulit dimengerti, masih ada tugas membuat gambar dan prakarya yang cukup sulit dan rumit, masih ada tugas yang tidak mendorong peserta didik untuk mencari informasi lebih jauh. Buku pelajaran ini juga masih memuat materi yang lebih luas dari kompetensi dasar, tidak memperkenalkan definisi baru, dan tidak terdapat soal-soal untuk pengayaan; 2) Analisis buku pelajaran tematik Kelas II SD/MI ditinjau dari kelayakan penyajian isi buku yaitu bahwa dari teknik penyajian, buku pelajaran ini konsep materinya disajikan dengan saling berkesinambungan antar subtema dan saling berkaitan antara pembelajaran satu dengan pembelajaran yang lainnya, konsep materi juga disajikan dari awal pembahasan kemudian dilanjut dengan kegiatan mengamati gambar atau membaca teks deskriptif, lalu siswa diarahkan untuk mencoba berlatih mengerjakan soal sesuai dengan materi dan mengingat materi yang telah dipelajari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorAmin, Alfauzan197011052002121002UNSPECIFIED
Thesis advisorAziz, Abdul198504292015031007UNSPECIFIED
Additional Information: I. Dr. Alfauzan Amin, M.Ag II. Abdul Aziz Bin Mustaqim, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Buku Pelajaran Tematik, Kelayakan Isi, Kelayakan Penyajian
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yuli Astria
Date Deposited: 13 Jun 2023 07:42
Last Modified: 13 Jun 2023 07:42
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/336

Actions (login required)

View Item View Item