PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR PAI SISWA KELAS V DI SDN 75 KOTA BENGKULU

Syawaludin,, Amiril Wisnu (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR PAI SISWA KELAS V DI SDN 75 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
1811240178 FTT PGMI Amiril Wisnu Syawaludin.pdf - Submitted Version

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media gambar terhadap hasil belajar PAI siswa kelas V Di SDN 75 Kota Bengkulu. Peneliti mengambil kelas V A dan V B untuk dijadikan sampel yang berjumlah 19 orang sebagai kelas eksperimen dan 19 orang sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen (Quasi Experimental Design) dengan pendekatan Nonequivalent Control Group Desain. Teknik pengumpulan data dengan observasi, tes, dan dokumentasi. Setelah kemampuan pretest diperoleh, maka langkah selanjutnya adalah melakukan pembelajaran dengan menggunkan media gambar. Sehingga diperoleh kemampuan posttest pada kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 85. Bila dilihat dari frekuensi hasil belajar siswa terdapat 6 orang dengan persentase 31,28 % berada pada kelas atas dengan nilai 90,73 ke atas, terdapat 11 orang dengan persentase 57,90 % berada pada kelas sedang dengan nilai di antara 80,73 -90,73, terdapat 2 orang dengan persentase 10,51 % berada pada kelas bawah dengan nilai 80,73 ke bawah. Sedangkan hasil belajar rata-rata pada kelas kontrol yaitu 72. Bila dilihat dari frekuensi hasil belajar siswa terdapat 4 orang dengan persentase 21,06 % berada pada kelas atas dengan nilai 79,11 ke atas, terdapat 13 orang dengan persentase 68,42 % berada pada kelas sedang dengan nilai di antara 64,89 -79,11, terdapat 2 orang dengan persentase 10,52 % berada pada kelas bawah dengan nilai 64,89 ke bawah. Berdasarkan hasil perhitungan uji “t” yaitu 3,6011 yang apabila dibandingkan dengan ttabel ditentukan dahulu df atau db = (N1 + N2) – 2 = (19 + 19) – 2 = 36. Berdasarkan perhitungan di atas apabila dikonsultasikan dengan ttabel dengan df 36 pada taraf signifikan 5% yaitu 2,0280. Dengan demikian thitung ttabel (3,6011 yang berarti hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima, yaitu terdapat pengaruh penggunaan media gambar terhadap hasil belajar PAI siswa kelas V di SDN 75 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorAsiyah, Asiyah196510272003122001UNSPECIFIED
Thesis advisorAlimni, Alimni197504102007102005UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Hj. Asiyah M.Pd dan Pembimbing II: Dr. Alimni M.Pd
Uncontrolled Keywords: Media Gambar, Hasil Belajar PAI
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yuli Astria
Date Deposited: 13 Jun 2023 08:04
Last Modified: 13 Jun 2023 08:04
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/341

Actions (login required)

View Item View Item