KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS di KELAS VII.3 SMPN 21 KOTA BENGKULU

Andres, S.Pd (2022) KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS di KELAS VII.3 SMPN 21 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.

[img] Text (Skripsi)
ANDRES.pdf

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan observasi peneliti dilapangan di SMPN 21 Kota Bengkulu peneliti melakukan observasi didalam kelas VII.3 terkhusus tentang keberanian siswa untuk menjelaskan materi pembelajaran IPS tentang ekosistem flora dan fauna, maka peneliti menemukan bahwa adanya permasalahan yang ada pada peserta didik bahwasanya kemampuan mengemuakan pendapat siswa masih sangat rendah dibandingkan antara beberapa kelas VII lainya. Diantara siswa yang berjumlah 25 siswa di kelas VII.3 terdapat 3 siswa yang percaya diri dalam mengemukakan pendapatnya pada saat pembelajaran tersebut sedang berlangsung, sedangkan 22 siswa lainya lebih memilih diam atau pura-pura membaa,menulis dan selalu menghindari kontak mata dengn guru sampai akhirnya guru menunjuk salah satu siswa. Sehingga berdasarkan latar belakang yang telah dipaparkan diatas dapat ditinjau dan dirumuskan masalah yang pertama adalah, bagaimana indikator kemampuan mengemukakan pendapat siswa dalam pembelajaran IPS dan yang kedua apa saja faktor yang mempengaruhi kemampuan mengemukakan pendapat siswa dalam pembelajaran IPS. Dari rumusan masalah tersebut maka peneiti menggunakan jenis metode penelitian kualitatif menggunakan analisis dengan pendekatan induktif, untuk memperoleh data dengan menggunakan sumber data primer yaitu sumber data yang lansung memberikan data kepada pengumpul data, dalam pengumpulan data ini diperoleh dari siswa kelas VII.3 SMPN 21 Kota Bengkulu. Sedangkan sumber data sekunder yaitu sumber data yang tidak langsung memberikan data kepada pengumpul data, contohnya melalui prantara orang lain yaitu melalui guru IPS yang bersangkutan dan kepala sekolah SMPN 21 Kota Bengkulu. Maka hasil penelitian ix terhadap seluruh data tentang bagaimana kemampuan mengemukakan pendapat siswa dalam pembelajaran IPS dan faktor yang mempengaruhi kemampuan mengemukakan pendapat siswa dalam pembelajaran IPS, secara umum siswa kurang mampu dalam mengemukakan pendapat baik dari kejelasan mengemukakan pendapat, mengkomunikasikan pendapat, menyampaikan isi gagasan dan keruntutan dalam menyampaikan ide isi gagasan tersebut. Adapun faktor yang mempengaruhi siswa dalam mengemukakan pendapat terdapat dari faktor internal seara umum siswa takut dan gugup serta masih terbata-bata dalam mengemukakan pendapatnya karena kurang percaya diri, sedangkan faktor eksternal secara umum siswa malu terhadap kawanya dan takut salah terhadap guru yang dalam mengemukakan pendapatnya. Kata Kunci : Kemampuan Meng

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSatria, Irwan197407182003121004UNSPECIFIED
Thesis advisorNurniswah, M.Pd196308231994032001UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Irwan Satria, M.Pd. 2. Dra. Nurniswah,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Kemampuan Mengemukakan Pendapat, Siswa, Pembelajaran IPS
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadris Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Yuliana Saputri
Date Deposited: 14 Jun 2023 02:18
Last Modified: 14 Jun 2023 02:18
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/352

Actions (login required)

View Item View Item