PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARGUMENT DRIVEN INQUIRY (ADI) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS VIII PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG DI SMP NEGERI 14 KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

Yulianti,, Elvi (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARGUMENT DRIVEN INQUIRY (ADI) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS VIII PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG DI SMP NEGERI 14 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
DEPAN.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi)
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (756kB)
[img] Text (Skripsi)
BAB II.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (918kB) | Request a copy
[img] Text (Skripsi)
ELVI YULIANTI_2011260035.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Argument Driven Inquiry terhadap keterampilan proses sains siswa kelas VIII pada materi getaran dan gelombang di SMP Negeri 14 kota bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan Pretest-Postest Control Group Design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ada siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Kota Bengkulu dengan jumlah 197 orang. Sampel dalam penelitiann ini adalah 45 orang yang terdiri dari kelas VIII.F sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 22 orang dan kelas VIII.G sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 25 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunkan tes (soal). Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu soal tes keterampilan proses sains berjumlah 20 butir pertanyaan yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa SMP Negeri 14 Kota Bengkulu . Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa penerapan model pembelajaran Argument Driven Inquiry berpengaruh terhadap keterampilan proses sains siswa. Dengan data analisis yang diperoleh menunjukkkan nilai sig. (2-tailed ) sebesar 0,000 yang berarti signifikan < 0,05 sehingga Ha diterima. Hal ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) berpengaruh terhadap keterampilan proses sains siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorZulkarnain,, Zulkarnain198411152023211010UNSPECIFIED
Thesis advisorMukti,, Wiji Aziz Hari199010302023211032UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran IPA, Keterampilan Proses Sains, Argument Driven Inquiry
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 06 Nov 2024 04:01
Last Modified: 06 Nov 2024 04:01
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3586

Actions (login required)

View Item View Item