PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM) PADA MATERI PYTHAGORAS SISWA KELAS VIII SMPN 11 BENGKULU TENGAH

Downloads

Downloads per month over past year

Sari, Indah (2024) PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM) PADA MATERI PYTHAGORAS SISWA KELAS VIII SMPN 11 BENGKULU TENGAH. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
DEPAN INDAH.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi)
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi)
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (977kB)
[img] Text (Skripsi)
INDAH SARI_2011280032-dikompresi.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) merupakan pengganti Ujian Nasional (UN) yang diberikan kepada siswa guna meningkatkan mutu pendidikan. Akan tetapi, pelatihan soal – soal AKM yang diberikan di sekolah belum mencakup berbagai aspek secara keseluruhan. Untuk membantu mengatasi permasalahan tersebut, peneliti mencoba untuk mengembangkan soal AKM numerasi yang dapat digunakan untuk melatih kemampuan siswa kelas VIII. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembanga, tingkat validasi, tingkat reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda soal AKM. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini mengahasilkan 20 butir soal AKM dalam materi pythagoras. Berdasarkan hasil analisis data hasil validasi oleh para ahli diperoleh total persentase penilaian 91% dan dinyatakan layak diuji cobakan. Berdasarkan hasil validasi empiris diperoleh bahwa terdapat 19 butir soal valid dimana nilai ????ℎ????????�b???????? > 0,444 dan 1 butir soal tidak valid. Pada tahap uji reliabilitas diperoleh nilai Cronbach Alpha soal pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, dan isian singkat adalah 0,874 dan untuk soal uraian panjang menunjukkan angka 0,928 sehingga soal dalam kategori reliabel. Sedangkan dalam tahap uji tingkat kesukaran terdapat 17 soal memiliki tingkat kesukaran sedang dan 3 butir soal memiliki tingkat kesukaran mudah. Dalam tahap uji daya pembeda terdapat 17 soal memiliki daya pembeda baik, 2 soal memiliki daya pembeda cukup dan 1 soal memiliki daya pembeda baik sekali.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSurahman, Buyung197407182003121004UNSPECIFIED
Thesis advisorWahyuni, Betti Dian20003038101UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Numerasi, Pythagoras
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadris Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 07 Nov 2024 01:31
Last Modified: 07 Nov 2024 01:31
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3652

Actions (login required)

View Item View Item