Apriyanti, Ginta (2024) UPAYA MAHASANTRI DARI LATAR BELAKANG NON-PESANTREN DALAM PROSES MENGHAFAL AL-QUR'AN DI MA'HAD AL-JAMIAH UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
Text (Skripsi)
COVER.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
|
Text (Skripsi)
BAB I.pdf - Submitted Version Download (64kB) |
|
Text (Skripsi)
BAB II.pdf - Submitted Version Download (114kB) |
|
Text (Skripsi)
GINTA APRIYANTI_2011210153.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan observasi awal penelitian ini mengeksplorasi kendala dan tantangan yang dihadapi oleh mahasantri non-pesantren dalam proses hafalan Al- Quran di Ma'had al-Jami’ah UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. Dibandingkan dengan mahasantri pesantren, mahasantri non-pesantren menghadapi tantangan unik akibat minimnya pengalaman sebelumnya dalam mempelajari Al-Quran, lingkungan belajar yang berbeda, dan keterbatasan penegtahuannya tentang Al- Qur’an. Meskipun demikian, mahasantri non-pesantren memiliki potensi besar untuk berhasil dalam menghafal Al-Quran dan berkontribusi dalam pengembangan pendidikan di Ma'had al-Jami’ah. Penelitian ini membahas upaya mahasantri dari latar belakang non pesantren dalam proses menghafal Al-Qur'an di Ma'had Al-Jami'ah UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah kualitatif field research (penelitian lapangan). Subjek penelitian ini adalah mahasantri dari latar belakang non pesantren terdiri dari 20 mahasantri. Pengambilan data dilakukan peneliti melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sumber data primer penelitian ini adalah 20 mahasantri dari larat belakang non pesntren dan Pembina tahfidz al-qur’an di ma’had al�jami’ah UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya mahasantri dalam menghafal Al-Qur'an melibatkan konsistensi dalam niat dan tujuan, menetapkan target waktu, efektivitas waktu, konsistensi dalam muraj'ah hafalan, metode menghafal yang bervariasi, dan menetapkan target hafalan harian. Faktor-faktor yang mempengaruhi mahasantri non pesantren dalam menghafal Al-Qur'an meliputi dukungan keluarga, optimalisasi target hafalan, tugas perkuliahan, menghafal ayat panjang, dan rasa malas. Selain itu, dukungan sosial dan lingkungan sekitar juga memainkan peran penting, termasuk lingkungan pertemanan, bimbingan ustadz/ustadzah, dan bimbingan musrifah/musrifah di Ma'had Al-Jami'ah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Upaya Mahasantri Non Pesantren, Proses Menghafal Al- Qur’an | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Dr Syahril Syahril | ||||||||||||
Date Deposited: | 07 Nov 2024 03:00 | ||||||||||||
Last Modified: | 07 Nov 2024 03:00 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3677 |
Actions (login required)
View Item |