PENGARUH PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP KARAKTER RELIGIUS SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 3 KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

Gandasari, Nyimas (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP KARAKTER RELIGIUS SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 3 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
DEPAN.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi)
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (348kB)
[img] Text (Skripsi)
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (342kB)
[img] Text (Skripsi)
NYIMAS GANDASARI_2011210111.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan apakah pendidikan agama Islam memengaruhi karakter siswa dan seberapa besar pengaruh pendidikan agama Islam terhadap karakter siswa. Studi ini adalah jenis penelitian kuantitatif yang menggunakan metode asosiatif. Data primer adalah sumber data yang digunakan. Permintaan pertanyaan adalah metode pengumpulan data. Penelitian ini melibatkan 309 orang yang menjawab, dan 30 dari mereka adalah sampel yang diambil menggunakan metode penentuan sampel acak sederhana. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam digunakan sebagai variabel bebas atau independen, dan karakter religius siswa digunakan sebagai variabel terikat atau dependen.Berdasarkan hasil dari hasil uji realibitas yaitu sebesar variable (X),reliibialitiy Coefficients 10 item,Alphanya 0,767 dinyatakan reliable,variable (y), reliibialitiy Coefficients 10 item,Alphanya 0,763,maka dapat disimpulkan bahwa hasil Uji Reliabilitas diatas dapat diketahui bahwa masing-masing variabel memiliki Croanbach Alpha lebih dari 0,60, sehinggga dapat disimpulkan bahwa semua variabel X dan Y adalah reliabel Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan penulis, hasil pengujian hipotesis Pembelajaran Pendidikan Agama Islam menunjukkan nilai t hitung sebesar 5.699 atau positif dengan taraf signifikan 0,000. Maka t hitung > t tabel (3, 5.699> 2,045) dan taraf signifikan kurang dari 0,05 (0,000 < 0,05), yang berarti bahwa hipotesis dalam penelitian ini menolak Ho dan menerima Ha, artinya ada pengaruh yang signifikan antara Pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap karakter religius. Dengan menggunakan hasil perhitungan yang telah dilakukan, diperoleh nilai regresi linier Y=14,688+0,661X, dengan tingkat 0,000 < 0,05 (nilai alfa). Berdasarkan output, diperoleh nilai R2 (R Square).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSatria, Irwan197407182003121004UNSPECIFIED
Thesis advisorSaputra, Adi1981022120090110013UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, dan Karakter Religius Siswa.
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 07 Nov 2024 03:57
Last Modified: 07 Nov 2024 03:57
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3697

Actions (login required)

View Item View Item