PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS REELS INSTAGRAM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PAI SISWA KELAS X DI SMA 8 KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

Lestari, Puput (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS REELS INSTAGRAM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PAI SISWA KELAS X DI SMA 8 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
COVER.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi)
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (349kB)
[img] Text (Skripsi)
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (444kB)
[img] Text (Skripsi)
PUPUT LESTARI_2011210136.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan media pembelajaran berbasis Reels Instagram terhadap motivasi belajar PAI siswa kelas X di SMA Negeri 8 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XB. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam persamaan regresi, konstanta (a) adalah 32,676, yang menunjukkan bahwa jika media pembelajaran berbasis reels instagram memiliki nilai 0, maka Motivasi Belajar PAI Siswa memiliki nilai 32,676. Koefisien regresi (b) adalah 0,118, yang menunjukkan bahwa setiap peningkatan 1 unit dalam media pembelajaran berbasis reels instagram akan diikuti oleh peningkatan 0,017 unit dalam Motivasi Belajar PAI Siswa. Hasil uji t menunjukkan bahwa nilai signifikansi (sig) untuk variabel Berpikir Kreatif adalah 0.017. Karena nilai signifikansi kurang dari alpha (0.05), dapat disimpulkan bahwa secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara media pembelajaran berbasis reels instagram dan Motivasi Belajar PAI Siswa kelas x di SMA 8 Kota Bengkulu. Koefisien determinasi (R2) dalam penelitian ini adalah 0.201 atau 20,1%. Hal ini berarti bahwa media pembelajaran berbasis reels instagram dapat menjelaskan sekitar 20.1% variasi dalam motivasi belajar PAI siswa. Sisanya, sekitar 79.9% variasi dalam motivasi belajar PAI siswa dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak termasuk dalam analisis ini. Berdasarkan hasil analisis tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara media pembelajaran berbasis reels instagram dan Motivasi Belajar PAI Siswa kelas x di SMA 8 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorAkbarjono, Ali197509252001121004UNSPECIFIED
Thesis advisorNasution, Adam198208102023211016UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Reels, Instagram, Motivasi belajar
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 07 Nov 2024 04:08
Last Modified: 07 Nov 2024 04:08
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3699

Actions (login required)

View Item View Item