EVALUASI PROGRAM KURIKULUM TARBIYATUL MUALLIMIN WAL MUALLIMAT AL ISLAMIYAH DENGAN MODEL CIPPO (CONTEXT, INPUT, PROCESS, PRODUCT, OUTCOME) DI PONDOK PESANTREN ANNAKHIL DARUNNAJAH 6 MUKO-MUKO BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

Suparji, Muhamad (2023) EVALUASI PROGRAM KURIKULUM TARBIYATUL MUALLIMIN WAL MUALLIMAT AL ISLAMIYAH DENGAN MODEL CIPPO (CONTEXT, INPUT, PROCESS, PRODUCT, OUTCOME) DI PONDOK PESANTREN ANNAKHIL DARUNNAJAH 6 MUKO-MUKO BENGKULU. Masters thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Tesis)
MUHAMAD SUPARJI_211155002.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (Tesis)
DEPAN.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text (Tesis)
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (340kB)
[img] Text (Tesis)
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (600kB)

Abstract

Program kurikulum Tarbiyatul Muallimin wal Muallimat al Islamiyah (TMI) yang dianggap sebagai solusi masalah mutu pendidikan, namun telah menciptakan kesulitan bagi sebagian guru dalam mengembangkan program kurikulum, dikarenakan guru belum memahami program kurikulum secara optimal. Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi program kurikulum Tarbiyatul Muallimin wal Muallimat al Islamiyah (TMI) di Pondok Pesantren Annakhil Darunnajah 6 Muko-Muko. Jenis penelitian ini dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. dengan pendekatan model evaluasi context, input, process, product,outcome (CIPPO). Sumber data penelitian diperoleh dari Pengasuh/Pimpinan Pondok Pesantren, Wakil Pimpinan bidang kurikulum TMI, Tenaga pendidik/Dewan Asatidz, dan stakeholder melalui angket, wawancara, observasi, dan dokumen. Analisis menggunakan kuantitatif deskriptif. Keabsahan data dicek melalui triangulasi data.Hasil penelitian menunjukkan bahwa konteks program kurikulum telah dilaksanakan identifikasi standar pelaksanaan kurikulum Tarbiyatul Muallimin wal Muallimat al Islamiyah (TMI), dan bentuk pengembangan kurikulum tersebut telah mengadopsi muatan kurikulum Nasional, beberapa mata pelajaran telah disesuaikan dengan tingkat kompetisi siswa/santri. Input program kurikulum telah difokuskan pada tenaga pendidik, namun tenaga pendidik belum optimal, karena tidak sesuai dengan kualifikasi akademik, dokumen kurikulum TMI, dan sarana prasarana yang lengkap dan memadai, Proses pelaksanaan program kurikulum sudah sesuai standar pelaksanaan kurikulum Tarbiyatul Muallimin wal Muallimat al Islamiyah (TMI) namun belum mampu mencapai hasil maksimal sesuai dengan tujuan program kurikulum TMI. Dan produk program kurikulum TMI menunjukkan hasil belajar, ujian sekolah sesuai rencana dan sebagian prestasi santri telah terserap di pendidikan tinggi bahkan ada beberapa santri mampu melanjutkan pendidikan tinggi di Timur Tengah. Dengan demikian dapat simpulkan bahwa program kurikulum TMI cocok untuk diterapkan karena sesuai dengan kurikulum nasional dan kebutuhan masyarakat dan dunia kerja.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSuhirman, Suhirman196802191999031003UNSPECIFIED
Thesis advisorSatria, Irwan197407182003121004UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Program Kurikulum, Kurikulum Tarbiyatul Muallimin wal Muallimat al Islamiyah (TMI)
Subjects: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (S2)
Depositing User: M.Pd Sinta Agusmiati
Date Deposited: 13 Nov 2024 08:13
Last Modified: 13 Nov 2024 08:13
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3734

Actions (login required)

View Item View Item