Jainuri, Ach (2024) PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI BERWAWASAN MULTIKULTURAL DI SMA NEGERI 10 KOTA BENGKULU. Masters thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
Text (Tesis)
ACH. JAINURI__2223540027.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (Tesis)
DEPAN.pdf - Submitted Version Download (602kB) |
|
Text (Tesis)
BAB I.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
|
Text (Tesis)
BAB II.pdf - Submitted Version Download (810kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan implementasi pendidikan berbasis multikultural dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMA N 10 Kota Bengkulu.(2) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi guru PAI dan budi pekerti dalam dalam berwawasan multikultural di SMA N 10 Kota Bengkulu. (3) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan hambatan pelaksanaan pembelajaran PAI dan budi pekerti berwawasan multikultural di SMA N 10 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, subjek penelitian yang dapat memberikan informasi adalah Kepala sekolah atau wakil kepala sekolah dan Guru. Hasil penelitian (1) Implementasi pembelajaran PAI dan Budi Pekerti berbasis multikultural terhadap siswa di SMAN 10 Kota Bengkulu dengan adanya (a) perencanaan, (b) pelaksanaan (c) Evaluasi ((2) Strategi penyampaian materı Pendidikan Agama Islam berbasis multikultural meliputi: (a) pemanfaatan media pembelajaran, (b) pesan pembelajaran yang dikembangkan dalam program pembelajaran setiap tahunnya disempurnakan, sesuai dengan kurikulum yang ada, (c) bahan pembelajaran, (d) media pembelajaran, (e) materi pembelajaran, dan (f) pembelajaran dilakukan di luar kelas, (3)Untuk mencapai suatu tujuan pembelajaran, maka ada faktor pendukung dalam pelaksanaannya. Tidak hanya itu, dalam implementasinya pastilah akan menemui hambatan-hambatan yang akan memperlambat dalam pencapaian tujuan pembelajaran tersebut. Di antara faktor pendukung yang ada di SMA N 10 Kota Bengkulu yaitu: a) Kebijakan pemerintah (kurikulum), b) Lingkungan sosial sekolah, c) Sarana dan prasarana. Sedangkan faktor penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis multikultural di SMA N 10 Kota Bengkulu di antaranya yaitu: a) Kematangan emosional siswa, b) Pemahaman siswa terhadap pelajaran PAI yang berbeda-beda.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti, Berwawasan Multikultural | ||||||||||||
Subjects: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2) | ||||||||||||
Depositing User: | M.Pd Sinta Agusmiati | ||||||||||||
Date Deposited: | 13 Nov 2024 08:14 | ||||||||||||
Last Modified: | 13 Nov 2024 08:14 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3737 |
Actions (login required)
View Item |