Singgih, Ahmad (2024) INTERNALISASI NILAI MODERASI BERAGAMA TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN DI UNIT KEGIATAN MAHASISWA PRAMUKA UNIVERSITAS BENGKULU. Masters thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
Text (Tesis)
AGUNG WAHYUDIN_2223540004.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (Tesis)
DEPAN.pdf - Submitted Version Download (3MB) |
|
Text (Tesis)
BAB 1.pdf - Submitted Version Download (440kB) |
|
Text (Tesis)
BAB 2.pdf - Submitted Version Download (695kB) |
Abstract
Moderasi beragama sebagai konsep berfikir yang menekankan pada sikap saling menghormati dan toleransi di antara kelompok agama yang berbeda. Oleh karena itu, tesis ini bertujuan untuk mengetahui Internalisasi Nilai Moderasi Beragama Terhadap Pendidikan Karakter Berbasis Pendidikan Kepramukaan Di Unit Kegiatan Mahasiswa Pramuka Universitas Bengkulu. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Responden penelitian primer yaitu ketua gugusdepan, ketua dewan racana putra, ketua dewan racana putri, sub. Koordinator bidang kesejahteraan mahasiswa, serta anggota pramuka universitas bengkulu,sedangkan responden penelitian sekunder berupa, buku, jurnal dan kajian ilmiah lainnya. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi. Teknik analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa internalisasi nilai moderasi beragama terhadap pendidikan karakter berbasis pendidikan kepramukaan di unit kegiatan mahasiswa pramuka universitas bengkulu dilakukan dengan berbagai macam upaya internalisasi yaitu, Pertama, proses internalisasi dilakukan melalui kegiatan yang disusun dalam program kerja seperti pelaksanaan program kemah moderasi beragama dan mentoring, kemah kebhinekaan, Weekend Sharing Session, Kedua, Penerapan nilai dalam aktivitas sehari-hari, Ketiga, penguatan dan Pengembangan, Faktor pendukung internalisasi nilai moderasi beragama dalam pendidikan karakter berbasis kepramukaan di Universitas Bengkulu meliputi a) kepemimpinan inklusif, b) program kerja yang terstruktur, c) budaya organisasi yang mendukung, d) dukungan lingkungan kampus, e) penggunaan media, dan f) keterlibatan aktif anggota. Namun, proses ini menghadapi hambatan seperti a) kurangnya pemahaman moderasi beragama, b) budaya eksklusif, c) keterbatasan sumber daya, d) komunikasi yang kurang efektif, dan e) pengaruh negatif eksternal. Mengatasi hambatan-hambatan ini dan memaksimalkan faktor pendukung adalah kunci keberhasilan internalisasi nilai moderasi beragama.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Moderasi Beragama, Pendidikan Kaarakter, Pendidikan Kepramukaan | ||||||||||||
Subjects: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2) | ||||||||||||
Depositing User: | M.Pd Sinta Agusmiati | ||||||||||||
Date Deposited: | 13 Nov 2024 08:12 | ||||||||||||
Last Modified: | 13 Nov 2024 08:12 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3752 |
Actions (login required)
View Item |