Oktasara, Rahma Laipi (2024) PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ANAK MELALUI PERMAINAN KARTU KATA POSTER DI TK NEGERI PEMBINA 1 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
Text (Skripsi)
Depan.pdf - Submitted Version Download (3MB) |
|
Text (Skripsi)
BAB I.pdf - Submitted Version Download (394kB) |
|
Text (Skripsi)
BAB II.pdf - Submitted Version Download (307kB) |
|
Text (Skripsi)
RAHMA LAIPI OKTASARA_2011250095.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Peran Guru Dalam Pembelajaran Bahasa Anak Melalui Permainan Kartu Kata Poster di TK Negeri Pembina 1 Kota Bengkulu, bahwa dalam pembelajaran berbahasa pada anak guru sudah menerapkan media kartu kata bergambar, akan tetapi guru jarang menerapkannya, dan kebanyakan guru cenderung memberikan tugas berupa penugasan menulis di buku cetak saja. Peneliti menyadari bahwa cara guru yang mengajar seperti ini dapat mengakibatkan kemampuan anak dalam mengenal huruf abjad dan kosa kata masih rendah dan anak cenderung merasa bosan dengan pembelajaran yang itu-itu saja. Metode penelitian jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian peran guru dalam pembelajaran bahasa anak melalui permainan kartu kata poster, yaitu perencanaan, media huruf abjad, pembelajaran merujuk berbagai sarana digunakan untuk menyampaikan pesan dengan tujuan merangsang pikiran, perasaan, perhatian, motivasi agar dapat mendorong proses pembelajaran yang terarah, menyebutkan simbol-simbol huruf yang dikenal kemampuan keaksaraan anak, mengenal suara huruf awal benda�benda yang ada disekitarnya, menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi atau huruf awal yang sama, memahami hubungan antara bunyi, membaca nama sendiri, memahami arti kata dalam cerita. Faktor pendukung perencanaan, pendidik sebagai fasilitator, menyediakan fasilitas media, alat peraga. Faktor penghambat bahasa anak mengenal huruf yang didengar dari lingkungannya seperti huruf latin, arab, fasilitas proses belajar, lingkungan sekolah dapat meningkatkan perkembangan bahasa terdiri dari beberapa fase dimulai dari perbendharaan kata secara berangsur-angsur, lingkungan keluarga pemerolehan bahasa pertama, lingkungan masyarakat salah satu bagian dari kehidupan yang tidak dipisahkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru Pembelajaran Bahasa Anak Melalui Kartu Kata Poster | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Anak Usia Dini | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Anak Usia Dini | ||||||||||||
Depositing User: | Dr Syahril Syahril | ||||||||||||
Date Deposited: | 11 Nov 2024 03:45 | ||||||||||||
Last Modified: | 11 Nov 2024 03:45 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3788 |
Actions (login required)
View Item |