PENGGUNAAN APLIKASI WHATSAPP SEBAGAI MEDIA DALAM PEMBELAJARAN DARING DI KELAS V SDN 144 SELUMA KECAMATAN LUBUK SANDI KABUPATEN SELUMA

Sari,, Sonia Kartika (2022) PENGGUNAAN APLIKASI WHATSAPP SEBAGAI MEDIA DALAM PEMBELAJARAN DARING DI KELAS V SDN 144 SELUMA KECAMATAN LUBUK SANDI KABUPATEN SELUMA. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
1811240194 FTT PGMI SONIA KARTIKA SARI.pdf - Submitted Version

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan aplikasi whatsapp dalam belajar daring di Kelas V SD Negeri 144 Seluma. Penelitin ini menggunakan metode kualitatif. Informan penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru wali kelas V dan siswa kelas V SDN 144 Seluma. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penggunaan Whatsapp Sebagai Media Pembelajaran daring oleh guru kelas V SDN 144 Seluma, guru telah menggunakan fitur pesan, foto, video, voice note, Group WhatsApp, dan call (telpon) secara langsung. Kendala yang dihadapi seperti gangguan sinyal, kurang efektifnya proses pembelajaran dikerenakan guru tidak bisa secara langsung melihat aktivitas belajar peserta didik, memori handhpone cepat penuh, kurangnya interaksi antara guru dan peserta didik. Solusi mengatasi kendala dalam penggunaan Whatsapp sebagai media pembelajaran daring dengan memperpanjang waktu pengumpulan tugas, mengingatkan orang tua untuk selalu membatasi penggunaan internet siswa, menyederhanakan materi pembelajaran, memberikan video penjelasan yang lebih mendalam, memberikan arahan kepada siswa untuk menggunakan referensi lain seperti internet, memberikan buku sebagai referensi siswa belajar, dan mengarahkan atau mengingatkan siswa untuk selalu bertanya pada guru dan orang tua apabila mengalami kesulitan dalam memahami materi pembelajaran, meberitahukan kepada orang tua dan siswa untuk mengahapus file seperti foto, video, aplikasi yang tidak diperlukan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi whatsaap sebagai media pembelajaran daring disamping memiliki kemudahan yang ditawarkan namun memiliki kendala yang dihadapi guru dan siswa seperti perangkat teknologi dan jaringan internet yang tidak memadai oleh karena itu dapat disarankan untuk dapat menggunakan aplikasi whatsapp sebagai media pembelajaran daring, maka penuhilah perangkat teknologi dan jaringan internet secara memadai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorKhairiah, Khairiah196805151997032004UNSPECIFIED
Thesis advisorSatrisno,, Hengki199001242015031005UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing 1: Dr. Khairiah, M.Pd Pembimbing 2: Hengki Satrisno, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Whatsapp, Media Pembelajaran Daring, SDN 144 Seluma
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yuli Astria
Date Deposited: 14 Jun 2023 07:42
Last Modified: 14 Jun 2023 07:42
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/381

Actions (login required)

View Item View Item