Alfarizka, Dzikra Fadillah (2023) PENGARUH METODE BERCERITA TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI SOSIAL FINANSIAL. Masters thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
Text (Tesis)
TESIS ZIKRA.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
|
Text (Tesis)
HALAMAN DEPAN DZIKRA.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
|
Text (Tesis)
BAB I.pdf - Submitted Version Download (306kB) |
|
Text (Tesis)
BAB II.pdf - Submitted Version Download (665kB) |
Abstract
Perkembangan era globalisasi memasuki abad 21 menuntut kesiapan seluruh bidang yang mengiringi perkembangan tersebut. Pada bidang pendidikan, baik pendidik maupun peserta didik harus siap dalam menghadapi era ini. Untuk kesiapan tersebut peserta didik sejak usia dini harus diberikan pendidikan yang membentuk dan mengembangkan seluruh potensinya sesuai dengan bakat dan minat serta usianya, dengan harapan nantinya peserta didik siap dan dapat berkompetitif, oleh karenanya kemampuan literasi sosial dan finansial sejak usia dini Tujuannya adalah untuk menanamkan kepekaan sosial terhadap anak agar anak dapat bersosialisasi dengan baik terhadap teman sebaya, adik, dan orang yang lebih tua darinya selain itu juga diharapkan anak dapat menerapkan hidup hemat sejak dini dan dapat memilih antara kebutuhan dan keinginan anak. Anak akan lebih mudah memahami jika guru dapat memodifikasi pembelajaran dengan berbagai metode pembelajaran agar anak tidak bosan dengan metode bercerita pembelajaran yang disampaikan oleh guru dapat lebih menyenangkan bagi anak�anak. Adapun tujuan penelitian ini yaitu melihat apakah terdapat pengaruh metode bercerita yang di terapkan oleh guru terhadap perkembangan kemampuan literasi sosial dan finansial anak usia dini. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 21 orang anak yang di TK Aisyiyah VII Kota Bengkulu, pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampling total, dimana dengan menggunakan seluruh populasi yang ada yaitu 21 orang. Pengumpulan data menggunakan tes penilaian, observasi dan dokumentasi. Analisa data kuantitatif menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara metode bercerita terhadap kemampuan literasi sosial dan finansial anak usia dini di TK Aisyiyah VII Kota Bengkulu. Hal ini dapat dilihat dari nilai = 4,574 sedangkan = 1,729 dengan N-2 = 19 dan taraf signifikannya 5% ( ˃ menyatakan bahwa terdapat pengaruh metode bercerita terhadap peningkatan kemampuan literasi sosial dan finansial anak usia dini di TK Aisyiyah VII Kota Bengkulu diterima, diketahui nilai koefisien determinasi atau R Square adalah sebesar 0,568. Besarnya angka koefisien determinasi R Square adalah 0,568 atau sama dengan 56,8%. Kemampuan literasi sosial dan finansial anak usia dini yang ditingkatkan dalam penelitian ini melalui buku cerita yaitu, tolong menolong, gotong royong, kerja sama, hidup hemat, suka berbagi, dan mengenal antara kebutuhan dan keinginan.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode bercerita, Literasi sosial dan finansial, Anak usia dini | ||||||||||||
Subjects: | Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini | ||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini (S2) | ||||||||||||
Depositing User: | M.Pd Sinta Agusmiati | ||||||||||||
Date Deposited: | 13 Nov 2024 08:11 | ||||||||||||
Last Modified: | 13 Nov 2024 08:11 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3821 |
Actions (login required)
View Item |