Aysyah, Dewi Nur (2024) UPAYA GURU KELAS DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN SISWA DI MIN 1 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
Text (Skripsi)
DEPAN.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
|
Text (Skripsi)
BAB I.pdf - Submitted Version Download (226kB) |
|
Text (Skripsi)
BAB II.pdf - Submitted Version Download (309kB) |
|
Text (Skripsi)
DEWI NUR AYSYAH _2011240048.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam membentuk karakter disiplin siswa kelas IV MIN 1 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, Menurut Sugiyono metode penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat pospositive, digunakan untuk meneliti pada kondisi yang alamiah dimana peneliti adalah sebagai instrument kunci, teknik pengumpulan data yang dilakukan secara observasi, wawancara, dokumentasi, analisis data bersifat induktif/kualitatif, dan hasil penelitian lebih menekankan makna dari pada generalisasi. Bentuk karakter disiplin siswa di MIN 1 Kota Bengkulu adalah disiplin waktu, disiplin menegakkan aturan sekolah, sikap disiplin dalam beribadah, sedangkan upaya guru kelas IV dalam pembentukan karakter disiplin siswa di MIN 1 Kota Bengkulu yaitu menerapkan langkah-langkah yaitu: pembiasaan, melakukan keteladanan, membuat peraturan, memberi hukuman, dan menerapkan konsistensi. Dapat diketahui bahwa faktor penghambat membentuk karakter disiplin ada 2 yaitu faktor internal dan faktor eksternal, faktor internal yaitu yang menghambat membentuk karakter disiplin pada siswa yaitu karena karakter masing-masing siswa yang berbeda, faktor eksternal nya yaitu orang tua nya dan teman sebaya. Orang tua pun mempengaruhi dalam membentuk karakter disiplin pada anak salah satunya adalah kesibukan orang tua dan Teman sebaya mempengaruhi kedisiplinan masing-masing siswa. Hal ini dikarenakan adanya pelanggaran dari teman terdekat siswa, sehingga menjadikan siswa yang bersangkutan ikut melanggar peraturan sekolah. Solusi nya faktor internal yaitu pengawasan dari kepala sekolah, dan peran aktif para guru guru. faktor eksternal yaitu peran orang tua yang lebih menenamkan karakter disiplin dan mengawasi karakter disiplin siswa di rumah, kesadaran siswa dan ketersedian sarana prasarana.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Upaya Guru, Bentuk Karakter, Karakter Disiplin | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Dr Syahril Syahril | ||||||||||||
Date Deposited: | 13 Nov 2024 02:33 | ||||||||||||
Last Modified: | 13 Nov 2024 02:33 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3834 |
Actions (login required)
View Item |