UPAYA GURU KELAS DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN SISWA DI MIN 1 KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

Aysyah, Dewi Nur (2024) UPAYA GURU KELAS DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN SISWA DI MIN 1 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
DEPAN.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi)
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (226kB)
[img] Text (Skripsi)
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (309kB)
[img] Text (Skripsi)
DEWI NUR AYSYAH _2011240048.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam membentuk karakter disiplin siswa kelas IV MIN 1 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, Menurut Sugiyono metode penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat pospositive, digunakan untuk meneliti pada kondisi yang alamiah dimana peneliti adalah sebagai instrument kunci, teknik pengumpulan data yang dilakukan secara observasi, wawancara, dokumentasi, analisis data bersifat induktif/kualitatif, dan hasil penelitian lebih menekankan makna dari pada generalisasi. Bentuk karakter disiplin siswa di MIN 1 Kota Bengkulu adalah disiplin waktu, disiplin menegakkan aturan sekolah, sikap disiplin dalam beribadah, sedangkan upaya guru kelas IV dalam pembentukan karakter disiplin siswa di MIN 1 Kota Bengkulu yaitu menerapkan langkah-langkah yaitu: pembiasaan, melakukan keteladanan, membuat peraturan, memberi hukuman, dan menerapkan konsistensi. Dapat diketahui bahwa faktor penghambat membentuk karakter disiplin ada 2 yaitu faktor internal dan faktor eksternal, faktor internal yaitu yang menghambat membentuk karakter disiplin pada siswa yaitu karena karakter masing-masing siswa yang berbeda, faktor eksternal nya yaitu orang tua nya dan teman sebaya. Orang tua pun mempengaruhi dalam membentuk karakter disiplin pada anak salah satunya adalah kesibukan orang tua dan Teman sebaya mempengaruhi kedisiplinan masing-masing siswa. Hal ini dikarenakan adanya pelanggaran dari teman terdekat siswa, sehingga menjadikan siswa yang bersangkutan ikut melanggar peraturan sekolah. Solusi nya faktor internal yaitu pengawasan dari kepala sekolah, dan peran aktif para guru guru. faktor eksternal yaitu peran orang tua yang lebih menenamkan karakter disiplin dan mengawasi karakter disiplin siswa di rumah, kesadaran siswa dan ketersedian sarana prasarana.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorKasmantoni, Kasmantoni197510022003121004UNSPECIFIED
Thesis advisorBayan, Zubaidah197204162023212009UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru, Bentuk Karakter, Karakter Disiplin
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 13 Nov 2024 02:33
Last Modified: 13 Nov 2024 02:33
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3834

Actions (login required)

View Item View Item