PENERAPAN METODE TAHSIN DALAM PEMBELAJARAN TAHFIDZ QUR’AN KELAS III DI MI IT NURUL HAQ KABUPATEN KAUR

Downloads

Downloads per month over past year

Antasari, Ellisa (2024) PENERAPAN METODE TAHSIN DALAM PEMBELAJARAN TAHFIDZ QUR’AN KELAS III DI MI IT NURUL HAQ KABUPATEN KAUR. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
COVER.pdf - Submitted Version

Download (7MB)
[img] Text (Skripsi)
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (797kB)
[img] Text (Skripsi)
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (601kB)
[img] Text (Skripsi)
SKRIPSI FULL ELISA ANTASARI NIM 2011240149.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan metode Tahsin pada mata pelajaran Tahfidz Qur’an di MI IT Nurul Haq Kabupaten Kaur. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek/informan adalah 1 guru dan 6 peserta didik MI IT Nurul Haq Kabupaten Kaur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode Tahsin pada mata pelajaran tahfidz Qur'an di MI IT Nurul Haq Kabupaten Kaur memiliki dampak positif terhadap kualitas bacaan dan hafalan Al-Qur'an siswa. Guru yang menerapkan metode ini mampu memperbaiki tajwid dan makharijul huruf peserta didik secara signifikan, yang berdampak pada peningkatan kefasihan dan keakuratan bacaan. Peserta didik yang sebelumnya mengalami kesulitan dalam membaca Al�Qur'an dengan benar, menunjukkan peningkatan setelah menerima pembelajaran menggunakan metode Tahsin. Selain itu, metode Tahsin juga membantu memperkuat hafalan siswa. Dengan penekanan pada penguasaan tajwid sebelum hafalan, peserta didik menjadi lebih mampu menghafal dengan benar dan menjaga hafalannya dalam jangka waktu yang lebih lama. Meskipun terdapat beberapa tantangan seperti keterbatasan waktu dan perbedaan kemampuan antar siswa, penerapan metode ini secara umum dinilai berhasil dalam meningkatkan kualitas pembelajaran tahfidz Qur'an di sekolah tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSuhirman, Suhirman196802191999031003UNSPECIFIED
Thesis advisorMukti, Wiji Aziz Hari199010302023211032UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode, Tahsin, Tahfidz Qur’an.
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 13 Nov 2024 03:00
Last Modified: 13 Nov 2024 03:00
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3837

Actions (login required)

View Item View Item