Liyossan, Muhammad (2024) Upaya Guru Akidah Akhlak Dalam Membentuk Sikap Sopan Santun Peserta Didik Kelas V Di MIN 2 Kota Bengkulu. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
Text (Skripsi)
DEPAN.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
|
Text (Skripsi)
BAB I.pdf - Submitted Version Download (235kB) |
|
Text (Skripsi)
BAB II.pdf - Submitted Version Download (548kB) |
|
Text (Skripsi)
SKRIPSI MUHAMMAD LIYOSSAN_2011240043.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini di latarbelakangi oleh pentingnya sebuah sikap sopan santun yang wajib dimiliki oleh semua orang, terutama anak usia dini. Anak usia dini penting untuk diberikan penanaman tentang sikap sopan santun, terutama dalam hal berperilaku dan bertutur kata. Lunturnya sikap sopan santun yang dimiliki peserta didik membuat guru harus selalu berupaya dalam menanamkan sikap sopan santunnya, karena dengan adanya sikap sopan santun peserta didik akan dapat berperilaku dan bertutur kata baik, serta dapat menghormati orang lain . Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap sopan santun peserta didik kelompok masih banyak yang kurang baik, terutama dalam hal berperilaku dan bertutur kata, karena masih banyak perilaku dan tutur katanya yang kurang sopan. Guru selalu menanamkan sikap sopan santun kepada peserta didik melalui a) metode pemberian contoh teladan yang baik, guru sebagai pendidik dan pembimbing selalu menjadi panutan bagi peserta didiknya, serta selalu mengarahkan ketika peserta didik berperilaku kurang baik, b) metode pembiasaan, guru selalu membiasakan peserta didiknya untuk selalu berbudi pekerti baik, dan dibiasakan dengan hadits-hadits yang sesuai untuk menanamkan sikap sopan santun, dan c) metode pemberian nasihat, guru selalu menasihati peserta didik ketika perilaku dan tutur katanya kurang baik, dengan nasihat yang lembut sehingga dapat diterima. Hambatan guru dalam membentuk sikap sopan santun pada anak adalah lingkungan sekitar yang kurang mendukung, sehingga pembiasaan yang sudah dilakukan di sekolah tidak diterapkan di rumah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Upaya Guru, Sopan Santun. | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Dr Syahril Syahril | ||||||||||||
Date Deposited: | 13 Nov 2024 07:59 | ||||||||||||
Last Modified: | 13 Nov 2024 07:59 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3859 |
Actions (login required)
View Item |