Saputri,, Fenti Nur (2023) STRATEGI GURU DALAM MENUMBUHKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA (SBDP) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KOLASE ANORGANIK DI SD NEGERI 5 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
Text (Skripsi)
1811240217 FTT PGMI FENTI NUR SAPUTRI.pdf - Submitted Version Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kreativitas peserta didik pada Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBDP). Hal ini terlihat dari banyaknya peserta didik yang belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 70,5. Hal tersebut disebabkan oleh cara mengajar guru yang kurang kreatif, sebagian guru masih menggunakan metode ceramah yang membuat peserta didik merasa bosan dan kurang semangat belajar Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBDP). Oleh karena itu, guru perlu menentukan strategi untuk menumbuhkan kreativitas peserta didik. Salah satunya yaitu dengan menggunakan media kolase anorganik. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi guru dalam menumbuhkan kreativitas peserta didik pada pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBDP) dengan menggunakan media kolase anorganik, serta apa saja faktor pendukung dan penghambat strategi guru dalam menumbuhkan kreativitas peserta didik pada pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBDP) dengan menggunakan media kolase anorganik di SD Negeri 5 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 5 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan cara pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan Strategi Guru menggunakan Media Kolase anorganik pada Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBDP), telah berhasil menumbuhkan kreativitas peserta didik kelas III C yang berjumlah 30 Siswa. Adapun faktor pendukung dan penghambat strategi guru dalam menumbuhkan kreativitas vii peserta didik pada Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBDP) adalah peserta didik itu sendiri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Additional Information: | Pembimbing 1: Dr. Suhirman, M.Pd Pembimbing 2: Masrifa Hidayani, M.Pd | ||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | media kolase anorganik, kreativitas, pembelajaran SBDP | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Yuli Astria | ||||||||||||
Date Deposited: | 14 Jun 2023 08:03 | ||||||||||||
Last Modified: | 14 Jun 2023 08:03 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/386 |
Actions (login required)
View Item |