IMPLEMENTASI PROGRAM MARKET DAY UNTUK PENGUATAN PADA TEMA KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS V MIN 2 KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

Caniago, Rendi (2024) IMPLEMENTASI PROGRAM MARKET DAY UNTUK PENGUATAN PADA TEMA KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS V MIN 2 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
DEPAN.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi)
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (254kB)
[img] Text (Skripsi)
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (435kB)
[img] Text (Skripsi)
SKRIPSI RENDI CANIAGO_2011240036.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Program market day adalah salah satu bentuk program kewirausahaan yang diarahkan untuk menumbuh kembangkan karakter peserta didik. Di dalam ruang lingkup pendidikan, peserta didik harus senantiasa diarahkan untuk memiliki perubahan diri melalui jiwa kreatif dan inovatif melalui program-program unggulan yang berkualitas. Dengan kegiatan Market Day ini, anak-anak diharapkan teredukasi sejak dini bagaimana cara berjualan yang baik. Anak-anak akan terbiasa dengan konsep kejujuran misalnya dalam timbangan, takaran, barang mana yang baik dan mana yang rusak. Tujuan diadakannya Market Day adalah menumbuhkan jiwa entrepreneur, memahami dunia bisnis, melatih kreativitas dan inovasi pada siswa. Market day juga dapat menumbuhkan rasa percaya diri pada anak, meningkat kemampuan komunikasi anak dan melatih kecerdasan bisnis anak. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menjelaskan bahwa terdapat temuan-temuan nilai karakter yang muncul melalui kegiatan kewirausahaan seperti inovatif, kreatif, tanggung jawab, kerja sama, dan rasa percaya diri. Program market day yang telah dilaksanakan di MIN 2 Kota Bengkulu membawa misi di dalam membangun pola transaksi bagi para peserta didik untuk senantiasa aktif di dalam berkomunikasi saat kegiatan berjualan berlangsung. Simpulan dalam penelitian ini adalah wujud nyata dari program market day secara intensif yang telah dilaksanakan di sekolah sebagai bekal bagi para peserta didik untuk memiliki nilai-nilai karakter kewirausahaan secara optimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorKhermarinah, Khermarinah196312231993032002UNSPECIFIED
Thesis advisorAsvio, Nova198901162020122007UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Nilai Kewirausahaan, Sekolah Dasar, dan Market Day
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 14 Nov 2024 01:58
Last Modified: 14 Nov 2024 01:58
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3877

Actions (login required)

View Item View Item