EFEKTIVITAS MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN (BTQ) DI KELAS III SDN 50 KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

Fitriani, Selvi (2024) EFEKTIVITAS MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN (BTQ) DI KELAS III SDN 50 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
COVER.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi)
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (205kB)
[img] Text (Skripsi)
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (291kB)
[img] Text (Skripsi)
SELVI FITRIANI_2011240052.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas media audio visual dalam pembelajaran Baca Tulis Al-qur’an di kelas III SDN 50 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian quasi eksperimental. Penelitian ini dilaksanakan dengan upaya mengetahui keberhasilan belajar siswa melalui media audio visual menggunakan Youtube yang digunakan melalui pembelajaran langsung pada saat kegiatan belajar mengajar. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa observasi, tes (pre�test dan post-test), angket, dan dokumentasi. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas III berjumlah 44 siswa dari dua kelas. Teknik analisis data meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan bantuan program SPSS 26. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa efektivitas media audio visual yang digunakan saat penelitian berpengaruh pada saat pembelajaran Baca Tulis Al-qur’an di kelas III SDN 50 Kota Bengkulu. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari hasil pre-test dan post-test. Dari rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol, kelas eksperimen sebesar 87,73, sedangkan kelas kontrol sebesar 78,64. Dari data hasil analisis perhitungan uji hipotesis menggunakan program SPSS 26 di peroleh nilai thitung sebesar 2,807 dan t tabel sebesar 1,724 dengan nilai signifikansi menunjukkan 0,008 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini berarti kelas eksperimen dengan menggunakan media audio visual berupa Youtube lebih efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSalamah, Salamah197305052000032004UNSPECIFIED
Thesis advisorMustamin, Abdul Aziz198504292015031007UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Media Audio Visual, Baca Tulis Al- qur’an
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 14 Nov 2024 02:18
Last Modified: 14 Nov 2024 02:18
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3883

Actions (login required)

View Item View Item