KOMPETENSI PROFESIONAL GURU MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 10 KOTA BENGKULU

AMELIA ISMI, PENTI (2023) KOMPETENSI PROFESIONAL GURU MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 10 KOTA BENGKULU. Masters thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Tesis)
2011540051 S2 PAI Penti Amelia Ismi.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi profesional dan faktor yang mempengaruhinya pada guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 10 Kota Bengkulu. Metode penelitian ini menggunakan jenis kualitatif dengan pendekatan naturalistik, serta teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian dalam tesis ini adalah: 1) Kompetensi Profesional guru PAI di SMA Negeri 10 Kota Bengkulu belum terlaksana dengan maksimal: a). Penguasaan materi guru PAI didapatkan dari berbagai sumber (Al-Qur'an, hadits, pendapat ulama, dan buku). b) Penguasaan SK dan KD belum terlaksana dengan maksimal karena perubahan alur kurikulum, kesulitan menentukan KKO, alokasi waktu yang lama, tujuan pembelajaran terlewati, dan terdapat beberapa guru yang menyatukan perangkat pembelajarannya. c) Pengembangan materi kurang kreatif karena hanya menggunakan media buku dan metode ceramah. d) Tindakan reflektif berupa PTK, refleksi guru, refleksi terhadap siswa, dan sesama guru belum terlaksana dengan maksimal. e) Pemanfaatan TIK terlaksana dengan baik dalam berkomunikasi menggunakan wa grub, sedangkan pengembangan diri belum terlaksana secara maksimal. 2) Faktor yang mempengaruhi kompetensi profesional guru PAI di SMA Negeri 10 Kota Bengkulu: (1) faktor internal: a) Latar belakang semua guru PAI berasal dari lulusan PAI. b) Pengalaman mengajar guru senior memiliki kelebihan dalam penguasaan materi, memahami karakteristik anak dan memotivasi anak, sedangkan guru junior dalam penggunaan TIK. c) Keadaan kesehatan melalui program senam pagi, kultum, makan sehat, dan UKS sehat. d) Keadaan kesejahteraan ekonomi guru PNS dan PPPK sudah terjamin, sedangkan guru honorer menerima gaji yang relatif rendah di bawah UMR. (2) Faktor eksternal: a) Sarana pendidikan sudah ada tetapi belum memadai. b) Disiplin waktu dan disiplin tugas telah diterapkan dengan baik. c) Pengawasan kepala sekolah melalui teknik individu dan teknik kelompok.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSuhirman, Suhirman196802191999031003UNSPECIFIED
Thesis advisorCitra, Desi EkaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Additional Information: Pebimbing 1. Suhirman Pembimbing 2. Desy Eka Citra
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Profesional, Guru, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: Arlan Fairuz
Date Deposited: 15 Jun 2023 07:25
Last Modified: 15 Jun 2023 07:25
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/402

Actions (login required)

View Item View Item