PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) PELAJARAN IPS MATERI BENUA DI DUNIA KELAS IX DI SMP NEGERI 2 KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

Damayanti, Eva (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) PELAJARAN IPS MATERI BENUA DI DUNIA KELAS IX DI SMP NEGERI 2 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.

[img] Text (skripsi)
DEPAN DLL.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text (skripsi)
EVA DAMAYANTI SKRIPSI (1).pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (skripsi)
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (170kB)
[img] Text (skripsi)
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (345kB)

Abstract

Pembelajaran kooperatif merupakan sebuah ide-ide inovatif yang menekankan karya siswa demi pembelajaran siswa harus aktif. Kegiatan pendidikan itu penting yang mempengaruhi berlangsungnya kegiatan belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe TGT (teams games tournament) Pada Mata Pelajaran IPS materi Benua di Dunia Kelas IX di SMP 2 Kota Bengkulu dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru IPS dan peserta didik dalam pembelajaran. Tujuan yang lain yaitu tujuan proses belajar dapat dicapai jika peserta didik berpartisipasi aktif dalam pelajaran dan dalam penugasan kelompok. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April dan Mei 2024 .Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yaitu menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi kepada guru IPS dan siswa kelas IX B sebagai objek informasi pada penelitian. Hasil penelitian ini adalah Menjelaskan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe tgt(teams games tournament) pada mata pelajaran IPS Materi Benua di dunia kelas IX SMP Negeri 2 Kota Bengkulu sudah diterapkan dengan baik sesuai dengan langkah-langkah atau dalam Rencana Proses Pembelajaran (RPP). Model pembelajaran yang digunakan oleh guru IPS yaitu model kooperatif Teams Games tournamen ( TGT) memberikan proses pembelajaran peserta didik dan juga semangat dalam belajar sambil bermain. Guru IPS IX B ini sering menggunakan tipe TGT menggunakan model ini memiki sebuah kendala pada saat pembelajaran berlangsung waktu belajar atau jam pelajaran yang memerlukan waktu yang lama karena dengan waktu yang sedikit ini guru tidak dapat maksimal dalam pembelajaran model kooperatif dan membuat siswa merasa kurang puas pada saat proses pembelajaran berlangsung di kelas.hal ini perlu diteliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSuhirman, Suhirman196802191999031003UNSPECIFIED
Thesis advisorSaepudin, Saepudin196802051997031002UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: : Model Kooperatif , Teams games tournamen, Mata Pelajaran IPS, materi benua di dunia
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Yuli Astria
Date Deposited: 21 Nov 2024 03:27
Last Modified: 21 Nov 2024 03:27
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4026

Actions (login required)

View Item View Item