Melinda, Melinda (2024) UPAYA GURU DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MELALUI GAME WORDWALL MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS IX SMP N 21 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.
Text (skripsi)
HALAMAN DEPAN.pdf - Submitted Version Download (2MB) |
|
Text (skripsi)
MELINDA_2011270038.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (skripsi)
BAB I.pdf - Submitted Version Download (732kB) |
|
Text (skripsi)
BAB II.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
Abstract
Pada era digital saat ini, tantangan utama bagi guru adalah bagaimana menyulut motivasi belajar siswa di kelas, terutama dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di tingkat SMP. Siswa seringkali cenderung kurang antusias terhadap mata pelajaran yang dianggap abstrak atau kurang menarik, seperti Ilmu Pengetahuan Sosial. Tujuan penelitian ini ialah untuk Mengdeskripsikan Strategi Pemanfaatan Wordwall oleh Guru dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial agar dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa di kelas IX SMP N 21 Kota Bengkulu dan mendeskripsikan tantangan implementasi Wordwall perangkat pembelajaran, termasuk aspek teknis, waktu, dan kesiapan siswa dalam menggunakan platform tersebut. Jenis penelitian ini adalah kualitatif , yaitu penelitian yang dilakukan secara langsung di lapangan untuk memperoleh data yang diperlukan dan penelitian yang objeknya mengenai gejalagejala atau peristiwa yang terjadi pada suatu kelompok masyarakat. Penulis menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif yaitu metode pengolahan data dengan cara menganalisis faktor-faktor yang berkaitan dengan objek penelitian dengan penyajian data secara lebih mendalam terhadap objek penelitian untuk memperoleh informasi yang lebih akurat dan mendalam. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan game wordwall sebagai alat bantu pembelajaran pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IX di SMP Negeri 21 Kota Bengkulu. Game ini mampu menarik perhatian siswa dan membuat proses belajar mengajar menjadi lebih interaktif dan menyenangkan, yang pada gilirannya meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam kelas. Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang terlibat dalam penggunaan Game Wordwall menunjukkan peningkatan motivasi belajar. Hal ini terlihat dari antusiasme mereka dalam menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan, kesediaan untuk berpartisipasi dalam diskusi kelas, dan peningkatan dalam hasil belajar mereka. Faktor utama yang berkontribusi pada peningkatan motivasi ini adalah sifat kompetitif dan interaktif xiii dari game tersebut, yang membuat siswa merasa lebih tertantang dan terlibat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Motivasi belajar, Wordwall, dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||||||||
Depositing User: | Yuli Astria | ||||||||||||
Date Deposited: | 21 Nov 2024 07:36 | ||||||||||||
Last Modified: | 21 Nov 2024 07:36 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4043 |
Actions (login required)
View Item |