IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MEDIA FLASHCARD PADA ANAK TUNAGRAHITA DI SDLB NEGERI 5 KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

Huda, Annisa Nurul (2024) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MEDIA FLASHCARD PADA ANAK TUNAGRAHITA DI SDLB NEGERI 5 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.

[img] Text (skripsi)
DEPAN.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text (skripsi)
SKRIPSI ANNISA NURUL HUDA_2011210007.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (skripsi)
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (437kB)
[img] Text (skripsi)
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (518kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan proses Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan media flashcard di SDLB Negeri 5 Kota Bengkulu. 2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan media flashcard di SDLB Negeri 5 Kota Bengkulu. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field Research) yang menggunakan metode deksriptif kualitatif. Penelitian dekriptif yaitu menganalisis dan menyajikan fakta secara sistematik sehingga dapat lebih mudah untuk dipahami dan disimpulkan. Data yang dikumpulkan berupa kata-kata, gambar, dan bukan angka-angka. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa: Proses pembelajaran huruf hijaiyyah mengguakan media flashcard dan iqro‟ berlangsung sebelum jam pembelajaran dimulai, jadi setiap pagi siswa belajar huruf hijaiyyah terlebih dahulu Sehingga sebelum proses pembelajaran peserta didik membaca huruf hijaiyyah setiap harinya, agar anak lebih cepat dan mudah hafal memahami bentuk-bentuk huruf hijaiyyah. Dalam mengaplikasikan pembelajaran dengan menggunakan metode flashcard, guru melakukan tiga rangkaian proses untuk menjalankan pembelajaran tersebut, yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Kemudian kendala yang dialami oleh guru masih banyak anak yang belum bisa membaca dan berbicara. Kerena keterbatasan mereka untuk memahami pelajaran huruf hijaiyah yang diberikan melalui media flashcard. Sedangkan kemudahan yang dialami guru PAI yaitu tidak terlalu sibuk harus menulis dipapan tulis. Karena sudah berbentuk kartu/gambar materi yang akan diajarkan kepada anak-anak. Faktor pendukung dalam penerapan media pembelajaran Flashcard dalam mengembangkan aspek kognitif pada anak berkebutuhan khusus tunagrahita di SLB N 5 Kota Bengkulu yaitu kreativitas yang dimiliki oleh guru dengan memilih dan menggunakan media pembelajaran yang tepat dan menarik yang diseuaikan dengan kebutuan anak tuanrungu. Adapun faktor penghambat yakni anak yang tidak fokus ketika guru sedang menjelaskan sehingga keadaan kelas yang kurang kondusif, tingkat kemampuan dan pemahaman yang berbeda antara anak antara anak yang satu dengan anak yang lainya, serta ketersediaan awaktu yang singkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorAryati, Aziza197212122005012007UNSPECIFIED
Thesis advisorSatrisno, Hengki199001242015031005UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Flashcard
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yuli Astria
Date Deposited: 26 Nov 2024 01:53
Last Modified: 26 Nov 2024 01:53
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4071

Actions (login required)

View Item View Item