Putri, Midela eka (2024) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BACA TULIS AL QUR’AN PADA ANAK DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPQ) AL-HUDA DESA DARAT SAWAH KECAMATAN SEGINIM KABUPATEN BENGKULU SELATAN. Undergraduate thesis, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.
Text (skripsi)
DEPAN.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
|
Text (skripsi)
SKRIPSI MIDELA EKA PUTRI_ 2011210023.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (skripsi)
BAB I.pdf - Submitted Version Download (489kB) |
|
Text (skripsi)
BAB II.pdf - Submitted Version Download (528kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis proses dan problematika pembelajaran baca tulis Al-Qur’an pada anak di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) AlHuda Desa Darat Sawah Kecamatan Seginim Kabupaten Bengkulu Selatan agar dapat dicari solusi dan tujuan pembelajaran serta dapat tercapai dengan maksimal. Metode yang digunakan dalam penelitian jenis penelitian penelitian deskriptif kualitatif dan menggunakan pendekatan studi kasus sosial yang berarti penelitian ini lebih memperhatikan objek yang akan diteliti mengenai kasus yang terjadi dimasyarakat. Subjek dalam penelitian ini yaitu ketua TPQ, pendidik, peserta didik, wali santri dan santri. Dalam proses pengumpulan data instrumen yang digunakan oleh peneliti yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data diuji melalui uji kreadibilitas data atas kepercayaan terhadap data hasil peneliti lakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, pengamatan yang tekun ketekunan, triangulasi metode dan sumber data. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan penyimpulan data. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa sebelum melakukan proses pembelajaran Baca Tulis Al-Qur'an di TPQ Al-Huda Desa Darat Sawah perlu adanya persiapan meliputi Tujuan pembelajaran, kurikulum, materi, media, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. TPQ Al-Huda mengalami berbagai problematika seperti kesulitan santri dalam memahami materi, kurangnya dukungan keluarga, rendahnya motivasi belajar, monoton metode dan media pembelajaran, serta minimnya sarana dan prasarana. Solusi yang diusulkan meliputi peningkatan perhatian guru, pengulangan hafalan di rumah, variasi dalam metode pembelajaran, dukungan pemerintah, edukasi masyarakat, pertemuan rutin dengan orang tua, motivasi santri, serta pelatihan dan pembinaan guru TPQ.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Problematika, Pembelajaran Baca Tulis Al Qur’an, Taman Pendidikan Al-Qur’an | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Yuli Astria | ||||||||||||
Date Deposited: | 26 Nov 2024 04:34 | ||||||||||||
Last Modified: | 26 Nov 2024 04:34 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4078 |
Actions (login required)
View Item |