Florentina, Saticha (2024) PENGARUH PENERAPAN TUTOR SEBAYA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA MAHASISWA PAI SEMESTER 3 DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI FATMAWATI SUKARNO BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.
Text (skripsi)
DEPAN.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
|
Text (skripsi)
SKRIPSI SATICHA FLORENTINA_2011210075.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (skripsi)
BAB I.pdf - Submitted Version Download (320kB) |
|
Text (skripsi)
BAB II.pdf - Submitted Version Download (657kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan tutor sebaya terhadap kemampuan membaca al-Qur‟an pada mahasiswa PAI di Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji linearitas, dan uji hipotesis dengan bantuan program IBM SPSS versi 29.0 for Windows. Hasil dari uji normaliatas data yaitu dengan nilai signifikansi sebesar 0,074 > 0,05 untuk variabel X dan 0,422 > 0,05 untuk variabel Y, yang berarti kedua variabel dinyatakan bersitribusi normal. Kemudian hasil nilai signifikansi dari uji linearitas yaitu diperoleh sebesar 0,917 > 0,05, yang artinya hubungan antara kedua variabel dinyatakan linear. Selanjutnya untuk uji hipotesis menggunakan analisis korelasi product moment yang bertujuan untuk mengetahui kekuatan hubungan antara korelasi variabel dependent dan variabel independent. Hasil uji korelasi product moment ini memperoleh nilai rhitung sebesar 0,642 dan nilai rtabel sebesar 0,304, yang artinya nilai rhitung lebih besar dari rtabel yaitu 0,642 > 0,304, yang artinya terdapat pengaruh penerapan tutor sebaya terhadap kemampuan membaca al-Qur‟an pada mahasiswa PAI di Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu. Adapun hasil nilai r square dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan tutor sebaya terhadap kemampuan membaca al-Qur‟an pada mahasiswa PAI di Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu yaitu sebesar 0,412 atau sama dengan 41,2% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh, Tutor, Membaca, Al-Qur’an | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Yuli Astria | ||||||||||||
Date Deposited: | 28 Nov 2024 07:03 | ||||||||||||
Last Modified: | 28 Nov 2024 07:03 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4082 |
Actions (login required)
View Item |