PENGARUH PENERAPAN STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 16 KOTA BENGKULU

Hardita,, Darike (2023) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 16 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
1811240264 FTT PGMI Darike Hardita.pdf - Submitted Version

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh peningkatan aktivitas belajar IPS siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran Everyone Is A Teacher Here dan dampaknya terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan sosial murid kelas IV SD Negeri 16 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif Nonequivalent Control Group Design, dengan dua kelompok yakni kelompok kontrol dan kelompok eksperimen ini adalah seluruh murid kelas IV SD Negeri 16 Kota Bengkulu yang berjumlah 40 orang. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil analisis dalam pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes objektif yang digunakan untuk mengumpulkan data dan tentang hasil belajar IPS dengan materi Pemanfaatan kekayaan alam di indonesia. Untuk mengetahui adanya pengaruh dari hasil aktivitas belajar siswa diperlukan uji persyarat melalui uji normalitas, uji homogenitas dan uji t- tes untuk mengetahui nilai sig dari nilai kedua kelas kontrol dan kelas eksperimen maka kita perlu mengunakan uji t-hitung dan t-tabel Sedangkan dari uji homogenitas dengan menggunakan Uji Levene Test (Uji F) diperoleh nilai p sebesar 0,506. Karena nilai p>0,05 maka data aktivitas belajar kelas IVA dan kelas IV B dikatakan sama atau homogen. Nilai uji Independent Samples t-Test (t-hitung) sebesar 2,692 dan t-tabel sebesar 2,024 dengan nilai p sebesar 0,010. Karena nilai t-hitung>t-tabel atau nilai p<0,05 maka dikatakan ada perbedaan rata-rata antara aktivitas belajar kelas IVA dan kelas IVB. Artinya ada Pengaruh Penerapan Strategi Everyone Is A Teacher Here.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorEllyana, Ellyana196008121994002001UNSPECIFIED
Thesis advisorHeriadi,, Meddyan198907082019031004UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing: I. Dr. Ellyana, M.Pd II. Meddyan Heriadi, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Penerapan Strategi Everyone Is A Teacher Here Mata Pelajaran Ips Kelas IV
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yuli Astria
Date Deposited: 15 Jun 2023 03:26
Last Modified: 15 Jun 2023 03:26
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/417

Actions (login required)

View Item View Item