HARTATI, NOTI (2024) MANAJEMEN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA DAN KESEJAHTERAAN GURU DI MI PLUS NUR RAHMA KELURAHAN KANDANG MAS KOTA BENGKULU. Magister (S2) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
DEPAN.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (413kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (548kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (263kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (TESIS)
NOTI HARTATI__2111550014.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Keberhasilan sebuah lembaga pendidikan sangat erat berkaitan dengan kinerja dari guru yang ada dalam lembaga tersebut. Guru mengemban tugas dan fungsi dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan. Meningkatnya kinerja guru merupakan indikator dari keberhasilan suatu lembaga pendidikan, maka kesejahteraan guru dalam lembaga pendidikan juga harus ditingkatkan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui, menganalisis, dan mendeskripsikan : 1) Manajemen Kepala Madrasah MI Plus Nur Rahma Kota Bengkulu, 2) Manajemen Kepala Madrasah dalam meningkatkan kinerja guru, 3) Manajemen Kepala Madrasah dalam meningkatkan kesejahteraan guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data berasal dari data primer dan data sekunder. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah Kepala Madrasah MI Plus Nur Rahma Kota Bengkulu, sedangkan sumber data sekunder adalah guru-guru MI Plus Nur Rahma dan data lainnya yang tidak diperoleh sumber primer. Pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan verivikasi data, sedangkan untuk keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kepala madrasah dilaksanakan dengan melibatkan perwakilan warga madrasah dalam menyusun rencana, pelaksanaan program hingga evaluasi. Peningkatan kinerja guru dilaksanakan dengan mengadakan pelatihan keibadahan dan pelatihan mata pelajaran. Peningkatan kesejahteraan guru dilaksanakan dengan pemberian reward, kenaikan gaji berkala dan didaftarkan sebagai anggota BPS ketenagakerjaan. Solusi untuk meningkatkan kesejahteraan guru dilaksanakan denganpemberian gaji tepat waktu, usulan mendapat tunjangan fungsional dari pemerintah, dan usaha penerimaan peserta didik yang lebih banyak
Item Type: | Thesis (Magister (S2)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Kepala Madrasah, Kinerja Guru, Kesejahteraan Guru | ||||||||||||
Subjects: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam | ||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (S2) | ||||||||||||
Depositing User: | furqon adli | ||||||||||||
Date Deposited: | 17 Apr 2025 03:06 | ||||||||||||
Last Modified: | 17 Apr 2025 03:06 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4210 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year