PENGARUH PERMAINAN MOBILE LAGENDS TERHDAP ETIKA SISWA DI SMA N 01 ULUMUSI

Downloads

Downloads per month over past year

Aprianto, Deri (2025) PENGARUH PERMAINAN MOBILE LAGENDS TERHDAP ETIKA SISWA DI SMA N 01 ULUMUSI. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (476kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (567kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (630kB)
[img] Text
DERI APRIANTO_2011210145_compressed.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari permainan mobile legend terhadap etika siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasi, dengan cara mengumpulka data menggunakan penyebaran angket dan dokumentasi. Penelitian ini melibatkan 180 siswa sebagai populasi dan diambil sebagai sampel sebanyak 36 responden yang di ambil secara acak. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yaitu permainan mobile legend sebagai variabel X dan etika siswa sebagai variabel Y. Data dari variablel X memiliki signifiknsi tertinggi terkait dengan presentase sebesar 8,3% dari keseluruhan variabilitas. Sedangkan hasil dari analisis variabel Y didapatkan bahwa sekitar 22,3% keterkaitannya dengan faktor yang paling signifikan dalam etika siswa. Analisis regresi linear menunjukkan hasil yang signifikan dengan persamaan kombinasi variabel yang mendapatkan hasil sebesar 1,175. Dari hasil uji t terlihat bahwa adanya permainan mobile legend memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap etika siswa salah satunya dalam berkomunikasi, karena nilai t-value/sig untuk pengaruh X dan Y adalah 0,000 < 0,05 dan nilai t-hitung 4,705 > ttabel 2,032. Dari data tersebut dapat diketahui bahwasanya Ha diterima dan Ho ditolak, artinya menandakan adanya pengaruh intervensi dari permainan mobile legend terhadap etika siswa. Berdasarkan analisis koefisien determinasi (R2) mengindikasikan adanya hubungan yang signifikan antara variabel X dengan variabel Y yaitu nilai R Square menunjukkan sekitar 39,4% etika siswa dalam berkomunikasi dipengaruhi oleh permainan mobile legend.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorZulkarnain, Zulkarnain196005251987031001UNSPECIFIED
Thesis advisorJelita, Dian19941142019032012UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Mobile Lagends, Siswa dan Etika
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 17 Jun 2025 03:24
Last Modified: 17 Jun 2025 03:24
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4291

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year