STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DI SMPN 18 KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

DWI SAPUTRI, NOVELLY (2025) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DI SMPN 18 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (301kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (676kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (320kB)
[img] Text
SKRIPSI NOVELLY DWI SAPUTRI_2111210002.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah banyak peserta didik yang berperilakunya kurang baik, contoh berperilaku tidak sopan terhadap guru bahkan terhadap orang tua, berani berkata kasar dan kotor, tidak menghormati guru dan juga untuk nilai keagamaanya tidak berjalan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam mengimplementasikan P5 di SMPN 18 Kota Bengkulu. Metode pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh data sistem yaitu dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan pendekatan kualitatif deskriptif yaitu suatu penelitian yang diupayakan untuk mengamati permaslahan secara akurat dan sistematis mengenai fakta dan sifat objek tertentu. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan P5 dalam kurikulum merdeka untuk menguatkan nilai-nilai keagamaan pada siswa kelas VIII di SMPN 18 Kota Bengkulu mempersiapkan sumber belajar dalam hal ini adalah alat dan bahan, membentuk kelompok, mengerjakan projek yang meliputi pengenalan, bayangan, aksi atau pengerjaan projek dan refleksi. Adapun dalam hal ini dapat membentuk sikap saling bersama dan gotong royong, dimana hal tersebut termasuk dalam keteladanan dalam pembelajaran pendidikan agama islam, sehingga dapat membantu menguatkan nilai-nilai keagamaan siswa. Dan Strategi guru pendidikan agama islam dalam pengimplementasian program P5 yaitu, pertama, menanamkan nilai-nilai islam, kedua, membentuk karakter religiusi, Nasionalisme, mandiri, gotong royong, kreatif, ketiga, membiasakan siswa berakhlak mulia dan yang keempat, membiasakan siswa untuk beriman kepada tuhan yang maha esa

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorKasmantoni, Kasmantoni197510022003121004UNSPECIFIED
Thesis advisorChandra, Pasmah198905142020121003UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: :strategi guru PAI, P5, nilai-nilai PAI
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 17 Jun 2025 04:44
Last Modified: 17 Jun 2025 04:44
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4311

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year