DWI SAPUTRI, NOVELLY (2025) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DI SMPN 18 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
DEPAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (301kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (676kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (320kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI NOVELLY DWI SAPUTRI_2111210002.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah banyak peserta didik yang berperilakunya kurang baik, contoh berperilaku tidak sopan terhadap guru bahkan terhadap orang tua, berani berkata kasar dan kotor, tidak menghormati guru dan juga untuk nilai keagamaanya tidak berjalan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam mengimplementasikan P5 di SMPN 18 Kota Bengkulu. Metode pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh data sistem yaitu dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan pendekatan kualitatif deskriptif yaitu suatu penelitian yang diupayakan untuk mengamati permaslahan secara akurat dan sistematis mengenai fakta dan sifat objek tertentu. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan P5 dalam kurikulum merdeka untuk menguatkan nilai-nilai keagamaan pada siswa kelas VIII di SMPN 18 Kota Bengkulu mempersiapkan sumber belajar dalam hal ini adalah alat dan bahan, membentuk kelompok, mengerjakan projek yang meliputi pengenalan, bayangan, aksi atau pengerjaan projek dan refleksi. Adapun dalam hal ini dapat membentuk sikap saling bersama dan gotong royong, dimana hal tersebut termasuk dalam keteladanan dalam pembelajaran pendidikan agama islam, sehingga dapat membantu menguatkan nilai-nilai keagamaan siswa. Dan Strategi guru pendidikan agama islam dalam pengimplementasian program P5 yaitu, pertama, menanamkan nilai-nilai islam, kedua, membentuk karakter religiusi, Nasionalisme, mandiri, gotong royong, kreatif, ketiga, membiasakan siswa berakhlak mulia dan yang keempat, membiasakan siswa untuk beriman kepada tuhan yang maha esa
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | :strategi guru PAI, P5, nilai-nilai PAI | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | furqon adli | ||||||||||||
Date Deposited: | 17 Jun 2025 04:44 | ||||||||||||
Last Modified: | 17 Jun 2025 04:44 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4311 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year