Sari, Seli Puspita (2025) ANALISIS PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DALAM MENUMBUHKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN DI KELAS VII SMP N 11 BENGKULU TENGAH. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (404kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (638kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (419kB) |
![]() |
Text
SELI PUSPITA SARI_2011270040.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Kurikulum Merdeka memiliki keunggulan yang berfokus pada materi esensial dan pengembangan kompetensi siswa pada fasenya. Penguatan profil pelajar pancasila (p5) dalam kurikulum merdeka diterapkan dengan adanya proyek salah satu temanya yakni kewirausahaan, dengan tujuan untuk melahirkan siswa-siswi yang siap untuk berwirausaha. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana proses P5 dalam menumbuhkan jiwa Kewirausahaan serta untuk mengetahui terbentuknya jiwa Kewirausahaan pada peserta didik khususnya kelas VII, dan apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan di kelas VII .Jenis penelitian yang digunkan adalah jenis penelitian kualitatif dengan mengunkan pendekatan deskriptif, data yang diperoleh berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil analisis penelitian didapatkan data bahwa penerapan Penguatan Proyek Profil Pelajar Pancasila (P5) telah dilakukan sesuai dengan tema yang ditetapkan oleh pemerintah. Jiwa wirausaha dalam diri peserta didik terbentuk melalui penanaman profil pelajar pancasila dalam pelaksanaan proyek dengan pemberian arahan oleh guru melalui pemberian materi penghitungan harga jual. Sikap-sikap profil pelajar telah terimplementasi dalam berbagai kegiatan pembelajaran diantaranya beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia telah terimplementasi dengan kegiatan berupa berdoa sebelum melaksanakan kegiatanproyek, mandiri telah terimplementasi dengan kegiatan berupa siswa dapat mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, gotong royong berupa siswa dapat saling membantu satu sama lain dalam pembuatan proyek, berkebhinekaan global yang menjadikan siswa memiliki suatu viii usaha kecil dari hasil pembuatan proyek yang dapat dijual, bernalar kritis dengan kegiatan berupa siswa diberikan contoh yang mudah dipahami dari gurunya, kreatif melalui kegiatan berupa siswa dapat membuat kerajinan atau proyek yang unik. Implementasi nilai-nilai kewirausahaan diambil lima nilai pokok yaitu mandiri, kreatif, bertanggung jawab, kepemimpinan, dan minat berusaha melalui kegiatan berdagang peserta didik dapat bertanggung jawab atas pekerjaan yang dilakukannya. Sehingga sikap P5 yang memberikan dampak dan adanya keterkaitan dengan menumbuhkan jiwawirausaha melalui proyek yang dilaksanakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Penguatan Proyek Profil Pelajar Pancasila (P5), Tema Kewirausahaan, Jiwa Wirausaha | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||||||||
Depositing User: | Yuliana Saputri | ||||||||||||
Date Deposited: | 08 Sep 2025 04:36 | ||||||||||||
Last Modified: | 08 Sep 2025 04:36 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4661 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year