Hidayattullah, Aldes (2025) Pengaruh Game Online Terhadap Minat Belajar Membaca AL-qur‟an Pada Siswa Di SMP Islam Al-azhar 52 Kota Bengkulu. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
|
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (514kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (661kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (641kB) | Preview |
|
|
Text (Skripsi)
ALDES HIDAYATTULLAH_2111210103.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh game online terhadap minat belajar membaca Al-Qur‟an pada siswa kelas VIII di SMP Islam Al-Azhar 52 Kota Bengkulu. Fenomena pesatnya perkembangan teknologi, khususnya hiburan digital seperti game online, telah berdampak signifikan terhadap kebiasaan dan minat belajar siswa, termasuk aspek keagamaan seperti membaca Al-Qur‟an. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan metode ex post facto, di mana peneliti tidak mengendalikan variabel bebas secara langsung karena sudah terjadi dalam kehidupan siswa.data dikumpulkan melalui angket kepada 62 siswa kelas VIII yang telah melalui uji validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan IBM SPSS Statistics 25. Hasil penelitian menunjukkan hubungan negatif antara intensitas bermain game online dan minat belajar membaca Al-Qur‟an. Uji regresi linier sederhana menghasilkan signifikansi < 0,005 dengan koefisien regresi 0,348. Koefisien determinasi menunjukkan game online berkontribusi 13,1% terhadap minat belajar membaca Al-Qur‟an, sementara 86,9% dipengaruhi variabel eksternal seperti lingkungan keluarga, guru, metode pembelajaran, akses sumber belajar, teknologi, dan game online, yang dapat memengaruhi cara siswa mengembangkan keterampilan sosialnya.dapat disimpulkan terdapat pengaruh signifikan antara game online dan minat belajar membaca Al-Qur‟an. Siswa yang sering bermain game cenderung memiliki minat rendah terhadap pembelajaran Al-Qur‟an. Oleh karena itu, pengawasan dan pengarahan dari orang tua dan pendidik diperlukan untuk mengarahkan penggunaan teknologi secara bijak.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Contributors: |
|
||||||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Game Online, Minat Belajar, Membaca Al-Qur‟an, Siswa SMP, Pendidikan Islam. | ||||||||||||
| Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
| Depositing User: | Dr Syahril Syahril | ||||||||||||
| Date Deposited: | 08 Sep 2025 07:22 | ||||||||||||
| Last Modified: | 08 Sep 2025 07:22 | ||||||||||||
| URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4681 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year
Download Statistics
Download Statistics