Pengaruh Game Online Terhadap Minat Belajar Membaca AL-qur‟an Pada Siswa Di SMP Islam Al-azhar 52 Kota Bengkulu

Downloads

Downloads per month over past year

Hidayattullah, Aldes (2025) Pengaruh Game Online Terhadap Minat Belajar Membaca AL-qur‟an Pada Siswa Di SMP Islam Al-azhar 52 Kota Bengkulu. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (661kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (641kB) | Preview
[img] Text (Skripsi)
ALDES HIDAYATTULLAH_2111210103.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh game online terhadap minat belajar membaca Al-Qur‟an pada siswa kelas VIII di SMP Islam Al-Azhar 52 Kota Bengkulu. Fenomena pesatnya perkembangan teknologi, khususnya hiburan digital seperti game online, telah berdampak signifikan terhadap kebiasaan dan minat belajar siswa, termasuk aspek keagamaan seperti membaca Al-Qur‟an. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan metode ex post facto, di mana peneliti tidak mengendalikan variabel bebas secara langsung karena sudah terjadi dalam kehidupan siswa.data dikumpulkan melalui angket kepada 62 siswa kelas VIII yang telah melalui uji validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan IBM SPSS Statistics 25. Hasil penelitian menunjukkan hubungan negatif antara intensitas bermain game online dan minat belajar membaca Al-Qur‟an. Uji regresi linier sederhana menghasilkan signifikansi < 0,005 dengan koefisien regresi 0,348. Koefisien determinasi menunjukkan game online berkontribusi 13,1% terhadap minat belajar membaca Al-Qur‟an, sementara 86,9% dipengaruhi variabel eksternal seperti lingkungan keluarga, guru, metode pembelajaran, akses sumber belajar, teknologi, dan game online, yang dapat memengaruhi cara siswa mengembangkan keterampilan sosialnya.dapat disimpulkan terdapat pengaruh signifikan antara game online dan minat belajar membaca Al-Qur‟an. Siswa yang sering bermain game cenderung memiliki minat rendah terhadap pembelajaran Al-Qur‟an. Oleh karena itu, pengawasan dan pengarahan dari orang tua dan pendidik diperlukan untuk mengarahkan penggunaan teknologi secara bijak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorMulyadi, Mus197005142000031004UNSPECIFIED
Thesis advisorSaputra, Adi198102212009011013UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Game Online, Minat Belajar, Membaca Al-Qur‟an, Siswa SMP, Pendidikan Islam.
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 08 Sep 2025 07:22
Last Modified: 08 Sep 2025 07:22
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4681

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year