PENGEMBANGAN ALAT PERAGA PADA MATA PELAJARAN IPA TENTANG GERAK DAN GAYA UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA KELAS VII DI SMP N 6 KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

RIZKY, KARTIKA FITRIANA (2025) PENGEMBANGAN ALAT PERAGA PADA MATA PELAJARAN IPA TENTANG GERAK DAN GAYA UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA KELAS VII DI SMP N 6 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (435kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (556kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (603kB)
[img] Text (SKRIPSI)
KARTIKA FITRIANA RIZKY_2111260017.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh kendala dalam pembelajaran IPA, dimana pembelajaran yang disampaikan oleh pendidik dengan pembelajaran dikelas diperoleh pendidik cenderung selalu menggunakan modul dengan metode ceramah pada masa pembelajaran. Sehingga diperoleh peserta didik terlihat kurang memperhatikan guru ketika sedang menyampaikan materi,cenderung lebih banyak diam dan terlihat peserta didik melakukan sikap pasif dengan kesibukannya masing-masing seperti berdiskusi tentang hal lain diluar materi pembelajaran. Oleh karena itu dikembangkan alat peraga pada mata pelajaran IPA tentang gerak dan gaya untuk meningkatkan berpikir kritis pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan berpikir kritis siswa dengan media pembelajaran yang berupa alat peraga yang digunakan pada materi Gerak dan Gaya kelas VII SMP N 06 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan adalah Research and Development dengan model 4D. Pada instrumen angket validasi kelayakan alat peraga dan respon siswa. Subjek penelitian melibatkan 2 dosen para ahli, 1 dosen ahli materi, 1 dosen ahli media, serta siswa kelas VII. Hasil validasi menunjukkan bahwa alat peraga layak digunakan dengan pencapaian presentasi ahli media (80%), dan ahli media (100%). Alat peraga juga dinilai sangat praktis oleh siswa dan guru dengan presentasi siswa (100%) dan guru (85%). Persentase tersebut menunjukkan bahwa alat peraga yang dibuat termasuk dalam kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil uji Independent t Test, hasil output SPSS versi 25 menunjukkan test menunjukkan bahwa nilai signifikan pada hubungan antara Post Test pada kelas kontrol dan eksperimen sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 dan nilai -t hitung sebesar 19.625. Melihat nilai signifikan 0,000 yang lebih kecil dari alpha 0,05 dan nilai -t hitung (19.625) maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan skor rata-rata yang signifikan antara kedua kelompok pada hasil penelitian ini. Berdasarkan hasil output tabel dari SPSS, nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,74.27 termasuk dalam kategori tinggi. Maka kesimpulan pengembangan alat peraga sebagai bahan ajar untuk meningkat kan kemampuan berpikir kritis sangat efektif

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSuhirman, Suhirman196802191999031003UNSPECIFIED
Thesis advisorPutra, Erik Perdana198810172023211013UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: pengembangan Alat Peraga, Berpikir Kritis, Gerak dan Gaya
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Yuliana Saputri
Date Deposited: 09 Sep 2025 01:47
Last Modified: 09 Sep 2025 01:47
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4731

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year