EFEKTIVITAS MODEL DIFERENSIASI TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA MTs QARYATUL JIHAD BENGKULU TENGAH

Downloads

Downloads per month over past year

Yunus, Syawal Budiman (2025) EFEKTIVITAS MODEL DIFERENSIASI TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA MTs QARYATUL JIHAD BENGKULU TENGAH. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (188kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (191kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (355kB)
[img] Text (Skripsi)
SYAWAL BUDIMAN YUNUS_1911280057.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas model pembelajaran diferensiasi terhadap peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa kelas IX pada materi geometri bangun ruang kubus dan balok di MTs Qaryatul Jihad Bengkulu Tengah. Penelitian ini menggunakan desain quasi-eksperimen dengan kelompok kontrol dan eksperimen. Sampel penelitian adalah siswa kelas IX A Pengumpulan data dilakukan melalui tes kemampuan penalaran matematis sebelum dan sesudah perlakuan, serta observasi aktivitas siswa selama pembelajaran. Analisis data menggunakan uji-t untuk membandingkan rata-rata nilai post-test antara kelompok eksperimen dan kontrol.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan penalaran matematis siswa pada kelompok eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran diferensiasi dan kelompok kontrol yang diajarkan dengan metode konvensional. Siswa pada kelompok eksperimen mengalami peningkatan kemampuan penalaran matematis yang lebih baik dibandingkan dengan siswa pada kelompok kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran diferensiasi efektif dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa pada materi geometri bangun ruang kubus dan balok

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSukarno, Sukarno196110151984031002UNSPECIFIED
Thesis advisorSyafri, Fatrima Santri198803192015032003UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Diferensiasi, Kemampuan Penalaran Matematis, Geometri Bangun Ruang, , Quasi Eksperimen,
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Tarbiyah dan Tadris > Tadris Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Yuli Astria
Date Deposited: 10 Sep 2025 02:59
Last Modified: 10 Sep 2025 02:59
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4880

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year