ANALISIS KEMAMPUAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN INDIKATOR PADA RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KELAS VI BERDASARKAN TINGKAT KOGNITIF TAKSONOMI BLOOM DI SD NEGERI 72 KOTA BENGKULU

Lubis,, Anida Mariana (2023) ANALISIS KEMAMPUAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN INDIKATOR PADA RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KELAS VI BERDASARKAN TINGKAT KOGNITIF TAKSONOMI BLOOM DI SD NEGERI 72 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
ANISA MARIANA LUBIS.pdf - Submitted Version

Download (4MB)

Abstract

Guru masih kesulitan dalam mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) seperti tingkat kompetensi dasar, indikator capaian, materi, metode, langkah-langkah, media pembelajaran, sumber belajar dan penilaian hasil pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kemampuan guru dalam mengembangkan indikator pada rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) kelas VI berdasarkan tingkat kognitif taksonomi bloom di SD Negeri 72 Kota Bengkulu. Penelitian lapangan ini menggunakan pendekatan kualitatif, melalui tiga langkah pelaksanaannya yaitu teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 2 responden, 1 responden yaitu guru yang kedua dalam mengembangkan indikator sudah sangat mampu karena guru 2 memulai dengan level terendah yaitu C1 dan menyelesaikannya dengan level tertinggi yaitu C6. Sedangkan 1 responden yang lain yaitu guru 1 dalam mengembangkan indikator sudah mampu karena guru 1 memulai dengan level terendah yaitu C1 dan menyelesaikannya dengan level C4. Selain itu guru kelas VI di SD Negeri 72 Kota Bengkulu baru mampu meletakkan indikator pada RPP dan belum mampu mengembangkan indikator pada RPP, karena masih mencontek RPP. Dengan demikian dapat disimpulkan guru telah mampu melaksanakan RPP, namun masih terdapat guru belum mampu mengembangkan RPP, sehingga dapat peneliti xi sarankan untuk dapat meningkatkan kemampuan guru dalam mengembangkan RPP, maka tingkatkan kognitif taksonomi bloom di SD Negeri 72 Kota Bengkulu

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorNirwana,, Evi selva197702182007012018UNSPECIFIED
Thesis advisorHidayaturrahman, M197805202007101002UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I: Dr. Evi Selva Nirwana, M.Pd; Pembimbing II: M. Hidayaturrahman, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Guru, Indikator RPP, Taksonomi Bloom
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yuli Astria
Date Deposited: 16 Jun 2023 08:02
Last Modified: 16 Jun 2023 08:02
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/495

Actions (login required)

View Item View Item