PENERAPAN PROGRAM TAFAKUR JUM’AT PAGI DALAM PENGUATAN KARAKTER RELIGIUS DIMENSI KEIMANAN DAN KETAKWAAN DI SDN 81 KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

KHOMALASARI, SINAR (2025) PENERAPAN PROGRAM TAFAKUR JUM’AT PAGI DALAM PENGUATAN KARAKTER RELIGIUS DIMENSI KEIMANAN DAN KETAKWAAN DI SDN 81 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (493kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (494kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (191kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Sinar Khomalasari_2111240122.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Dalam menjalankan peran kependidikan, guru berupaya untuk terus melakukan perbaikan agar dapat membina karakter siswa. Orang tua yan memasukan anaknya pada pendidikan di SDN 81 Kota Bengkulu tentunya memiliki keinginan membentuk karakter anaknya menjadi lebih religius. SDN 81 Kota Bengkulu mengupayakan penerapan program tafakur Jum?at pagi dalam penguatan karakter religius dimensi keimanan dan ketakwaan yaitu dengan menambah kegiatan materi, ibadah dan akhlak agar dapat membentuk karakter siswa. Tujuan dari penelitian ini selain mendeskripsikan tentang penerapan program tafakur Jum?at pagi dalam penguatan karakter religius dimensi keimanan dan ketakwaan, juga befungsi sebagai referensi mengenai upaya-upaya yang dapat diimplementasikan sekolah dalam membina dan membentuk karakter religius siswa. Pendekatan yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Sumber informan terdiri dari wawancara, dokumentasi, dan obsarvasi. Hasil yang disimpulkan pada penelitian ini adalah terdapat penerapan program tafakur Jum?at pagi dalam penguatan karakter religius dimensi keimanan dan ketakwaan yang dapat meningkatkan nilai-nilai religius siswa seperti adanya penerapan ibadah yang bertambah, pembiasaan akhlak yang positif tentang pemahaman keagamaan. Namun dalam penerapannya masih tedapat faktor pendukung seperti sarana prasarana yang memadai dan dukungan guru yang solid, sedangkan faktor penghambat terdapat pada siswa. Dengan demikian, dapat disarankan kepada pendidik untuk terus melaksanakan evaluasi terhadap penerapan yang sedang dijalankan serta mengadakan upaya peningkatan pendidikan karakter religius melalui program tafakur Jum?at pagi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorAryati, Azizah197212122005012007UNSPECIFIED
Thesis advisorKurniawan, Kurniawan198309222023211004UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Program Tafakur Jum’at Pagi, Karakter Religius
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yuliana Saputri
Date Deposited: 15 Sep 2025 01:36
Last Modified: 15 Sep 2025 01:36
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5044

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year