PENANAMAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENTRADISIKAN LITERASI BACA TULIS BAGI SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 16 BUMI AYU KOTA BENGKULU

Ikhwanuddin, Muhammad (2023) PENANAMAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENTRADISIKAN LITERASI BACA TULIS BAGI SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 16 BUMI AYU KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.

[img] Text (Skripsi)
MUHAMMAD HARIS RIFALDY PDF.pdf

Download (1MB)

Abstract

Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mentradisikan Literasi Baca Tulis Bagi Siswa Di Sekolah Dasar Negeri 16 Bumi Ayu Kota Bengkulu Oleh Muhammad Ikhwanuddin NIM 1811210244 Penelitian ini bertujuan untuk nengetahui bagaimana upaya yang dilakukan guru pendidikan agama islam dalam mentradisikan literasi baca tulis bagi sisa, dan untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung jalannya kegiatan literasi baca tulis.. Untuk mengungkap persoalan ini secara mendalam dan terperinci peneliti menggunakan penelitian kualitatif yaitu melakukan pengamatan langsung dengan melakukan wawancara dengan warga sekolah dasar Negeri 16 Kota Bengkulu.Penelitian ini dilakukan pada bulan November sampai dengan Desember 2022 di Sekolah Dasar Negeri 16 Kota Bengkulu. Peneliti melibatkan satu kepala sekolah, satu orang guru, dan 5 orang siswa sebagai informan peneltian dengan teknik pengumpulan data observasi,wawancara, dan dokumentasi kemudian data tersebut dikumpulkan, diuraikan, dan dianalisis untuk menjawab permasalahan tersebut secara mendalam. (1) Kegiatan literasi baca tulis di Sekolah Dasar Negeri 16 Bumi Ayu Kota Bengkulu sudah diterapkan atau sudah di tradisikan dengan sebaik mungkin dan sesuai dengan kriteria kemampuan siswa. Adapun upaya yang dilakukan guru dalam mentradisikan literasi baca tulis ini memiliki dua ruang lingkup, yaitu didalam kelas dan diluar kelas. Upaya yang dilakukan didalam kelas yaitu membuka kegiatan belajar mengajar PAI dengan Al-Qur’an, upaya yang dilakukan di luar kelas yaitu mengadakan kegiatan book tour, mengadakan program baca bersama, dan mendatangkan komunitas-komunitas dibidang literasi baca tulis. (2) Adapun faktor pendukung dalam pelaksanaan literasi baca tulis sebagai pembentuk kemampuan berpikir kritis siswa di Sekolah Dasar Negeri 16 Bumi Ayu Kota Bengkulu adalah Adanya payung hukum yang mengatur terhadap pelaksanaan gerakan dikeluarkan perwendikbud no 23 tahun 2015 yang dimana adanya penghargaan terhadap peserta yang gemar membaca dan tugas sekolah, dan tersedianya perpustakaan dan pojok baca sebagai sarana literasi baca tulis. Adapun faktor penghambat penghambat dalam pelaksanaan literasi baca tulis sebagai pembentuk kemampuan berpikir kritis siswa SD Negeri 16 Kota Bengkulu seringkali berasal dari internal. Berbagai penghambat tersebut sering datang dari diri siswa, guru, ataupun padatnya kegiatan yang berlangsung selama kegiatan literasi dilakukan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSuradi, Ahmad19760119200711018UNSPECIFIED
Thesis advisorChandra, Pasma1999054620121003UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I ahmad Surad Pembimbing II Pasmah Chandra
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Guru, Pendidikan, Agama, Islam, Literasi, Baca, Tulis, Siswa
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yuliana Saputri
Date Deposited: 19 Jun 2023 02:14
Last Modified: 19 Jun 2023 02:40
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/506

Actions (login required)

View Item View Item