PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MICROSOFT SWAY DALAM PEMBELAJARAN SAINS SUBTEMA GEJALA ALAM KELOMPOK B DI TK AISYIYAH I PASAR MANNA

HERLIZA, DYA NURLI (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MICROSOFT SWAY DALAM PEMBELAJARAN SAINS SUBTEMA GEJALA ALAM KELOMPOK B DI TK AISYIYAH I PASAR MANNA. Masters thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Tesis)
2011750003 Pasca PIAUD DYA NURLI HERLIZA.pdf

Download (6MB)

Abstract

Microsoft Sway merupakan program di Microsoft office 365 yang berbasis cloud. Media ini bertujuan supaya guru dapat mengembangkan media pembelajaran berbasis teknologi dan peserta didik juga dapat memahami materi pembelajaran secara menarik. Model yang digunakan yaitu ADDIE. Terdapat lima tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Data dari tahap analisis menggunakan angket terbuka yang bertujuan untuk menganalisis kinerja guru dan analisis kebutuhan peserta didik. Kedua desain, dilakukan perancangan media pembelajaran yang awalnya disekolah menggunakan media gambar dikembangkan ke Microsoft sway. Tahap pengembangan, peneliti melakukan validasi ke ahli materi dan ahli media. Apakah media pembelajaran Microsoft sway valid digunakan. Selanjutnya tahap implementasi yaitu guru menerapkan media pembelajaran Microsoft sway ke anak. Implementasi ini dilakukan analisis data berupa angket untuk mengetahui kepraktisan dan keefektifan. Terakhir tahap evaluasi, peneliti mengevaluasi media pembelajaran Microsoft sway berdasarkan dari tahapan sebelumnya. Partisipan penelitian ini, satu orang validator ahli materi, satu orang ahli media, satu orang guru dan sepuluh orang peserta didik. Menurut hasil penelitian ini, materi media pembelajaran Microsoft sway lebih jelas, akurat dan terperinci dan menggunakan bahasa yang lugas, jelas dan mudah dipahami yang dapat dilihat hasil validasi oleh validator dari 2 tim ahli yaitu ahli media sebesar 89,7% dan ahli materi 68,7% yang berkategorikan valid. Respon guru menyatakan bahwa media pembelajaran Microsoft sway memudahkan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran dengan penggunaan bahasa yang lebih sederhana dan mudah dipahami peserta didik dengan perolehan persentase sebesar 88,3% dan nilai posttest peserta didik meningkat dari rata-rata 1,93 ke 4,02 dengan kriteria kurang ke baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSunarto, Andang197611242006041002UNSPECIFIED
Thesis advisorNirwana, Evi Selva197702182007012018UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing 1. Andang Sunarto Pembimbing 2. Evi Selva Nirwana
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Microsoft Sway, Pembelajaran Sains Subtema Gejala Alam
Subjects: Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: Arlan Fairuz
Date Deposited: 19 Jun 2023 02:24
Last Modified: 19 Jun 2023 02:24
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/507

Actions (login required)

View Item View Item