S U R O H I M, S U R O H I M (2025) PENGEMBANGAN MODUL MENTORING DALAM PENINGKATAN KUALITAS PEDAGOGICAL CONTEN KNOWLEDGE (PCK) MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PTKIS BENGKULU. Doktoral (S3) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text (Disertasi)
S U R O H I M_2011770027.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk modul mentoring yang valid, praktis, dan efektif yang dapat digunakan untuk peningkatan kualitas pedagogical content knowledge mahasiswa PAI di Perguruan Tinggi, mendeskripsikan penilaian modul yang digunakan, mendeskripsikan Langkah-langkah pengembangan modul mentoring, dan mengukut tingkat kevalidan, kepraktisan dan keefektifannya. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembagan (R&D) dengan pendekatan mix methode. Populasi penelitian adalah mahasiswa semester VI pada Program Studi PAI UM Bengkulu, STIT Ma‟rifatul Ilm Manna, dan STIT Qur‟aniyah Manna berjumlah 80 orang yang merupakan sampel total. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, tes, angket (kuesioner), dan dukumentasi. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penilaian modul yang digunakan saat ini masih terdapat kelemahan-kelemahan antara lain: (a) belum adanya petunjuk penggunaan modul, (b) tidak dilengkapinya tujuan yang dicapai, (c) tidak diberikanya alat evaluasi, (d) belum terdapat pemetaan kemampuan, dan mengakomodir kebutuhan mahasiswa, (2) Pengembangan modul mentoring dalam peningkatan kualitas pedagogical content knowledge (PCK) mahasiswa PAI dilaksanakan berdasarkan prosedur dan langkah-langkah model pengembangan ADDIE: (a) Analyze, (b) Design, (c) Development, (d) Implementation, dan (e) Evaluation). (3) Modul mentoring yang dikembangkan selanjutnya diuji coba, dievaluasi, dan direvisi berdasarkan umpan balik mahasiswa dan dosen. (a) Uji kevalidan produk dengan memintak penilaian validator ahli Bahasa, ahli materi, dan ahli media dan grafika. Hasil uji kevalidan diperoleh skor rata-rata 95,13%, ini menunjukkan bahwa modul mentoring termasuk dalam kategori sangat valid dan layak digunakan sebagai modul mentoring. (b) Hasil uji kepraktisan diperoleh dengan memintak respon mahasiswa dan para praktisi (dosen), dari hasil uji tersebut diperoleh rata-rata 93,2% dari mahasiswa PAI, dan 93,56% dari praktisi (Dosen), menunjukkan modul mentoring ini sangat praktis untuk dikembangkan dan diimplementasikan pada dunia pendidikan. (d) Hasil uji keefektifan modul mentoring dilakukan pada uji lapangan, untuk kelas kontrol rata-rata prosentase sebesar 43,98%, sedangkan kelas eksperimen rata-rata 89,08%. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t atau uji wilcoxon signed rank test bahwa nilai uji wilcoxon signed rank test sebesar -7,778 dengan nilai p sebesar 0,000. Karena nilai p<0,01 maka dikatakan ada perbedaan rata-rata antara kualitas PCK (pre-test) dan kualitas PCK (post-test), dan ini menunjukkan bahwa Ho ditolak, dan Ha diterima, artinya terdapat perbedaan signifikan peningkatan pedagogical content knowledge (PCK) mahasiswa Pendidikan agama Islam sebelum menggunakan modul mentoring dengan sesudah menggunakan modul mentoring. Dengan demikian maka modul mentoring efektif untuk meningkatkan pedagogical content knowledge (PCK) mahasiswa PAI.
Item Type: | Thesis (Doktoral (S3)) | ||||||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Modul Mentoring, Peningkatan kualitas, Pedagogical content knowledge | ||||||||||||||||
Subjects: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S3) | ||||||||||||||||
Depositing User: | Yuli Astria | ||||||||||||||||
Date Deposited: | 16 Sep 2025 02:34 | ||||||||||||||||
Last Modified: | 16 Sep 2025 02:34 | ||||||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5124 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year