PENGEMBANGAN LKPD PADA MATERI GERAK DAN GAYA UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA KELAS VII DI SMP N 06 KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

NURJANAH, AFRIANI (2025) PENGEMBANGAN LKPD PADA MATERI GERAK DAN GAYA UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA KELAS VII DI SMP N 06 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (177kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (530kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (472kB)
[img] Text (Skripsi)
AFRIANI NURJANAH_2111260022.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis literasi sains pada materi Gerak dan Gaya untuk siswa kelas VII di SMP N 06 Kota Bengkulu dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Identify, Development, Implemention dan Evaluation). Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya literasi sains siswa yang ditunjukkan oleh kurangnya pemahaman terhadap konsep gerak dan gaya, minimnya penggunaan media pembelajaran yang mendukung literasi sains, serta dominasi metode pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan jenis Research and Development (R&D) dengan tahapan pengembangan mencakup analisis kebutuhan, perancangan desain, pengembangan LKPD, serta evaluasi produk. Hasil validasi menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan layak digunakan, dengan persentase kelayakan dari ahli media (90%), ahli materi (72%), ahli bahasa (100%), dan ahli soal (75%). Uji paired samples t-test menunjukkan peningkatan skor yang signifikan antara pretest dan posttest, dengan rata-rata selisih -54,250 dan nilai signifikansi 0,002 (< 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa nilai posttest secara signifikan lebih tinggi daripada pretest. Interval kepercayaan 95% yang tidak mencakup nol serta nilai t hitung sebesar -15,549 mendukung kesimpulan bahwa penggunaan LKPD efektif dalam meningkatkan literasi sains siswa. Pendekatan aktif dan kontekstual dalam LKPD terbukti membantu pemahaman konsep secara lebih mendalam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSatria, Irwan197407182003121004UNSPECIFIED
Thesis advisorKhosi'in, Khosi'in198807102019031004UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: LKPD, Gerak, Gaya, literasi sains, ADDIE.
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Yuli Astria
Date Deposited: 16 Sep 2025 03:00
Last Modified: 16 Sep 2025 03:00
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5133

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year