PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN ULAR TANGGA PADA MATERI OPERASI ALJABAR SISWA KELAS VII DI MTs PANCASILA KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

LISTIANA, UMI (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN ULAR TANGGA PADA MATERI OPERASI ALJABAR SISWA KELAS VII DI MTs PANCASILA KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (237kB)
[img] Text
DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (399kB)
[img] Text (Skripsi)
UMI LISTIANA_2111280023.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis permainan ular tangga bernama PUTAR (Permainan Ular Tangga Aljabar) agar proses belajar menjadi lebih menyenangkan, aktif, mudah dipahami, dan mampu menarik minat belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Hasil validasi menunjukkan bahwa media ini sangat layak digunakan, dengan persentase penilaian dari ahli materi sebesar 85%, ahli bahasa 90%, dan ahli media 92,7%. Media PUTAR tidak hanya membantu siswa memahami operasi aljabar, tetapi juga melatih kerja sama dan kemampuan komunikasi mereka. Dari segi kepraktisan, media ini memperoleh tanggapan positif dari siswa, dengan persentase 85,9% yang termasuk dalam kategori tinggi. Artinya, media ini dinilai mudah digunakan, menarik, serta mampu meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Dari segi efektivitas, hasil uji N-Gain pada 12 peserta menunjukkan rata-rata 0,2471 (24,71%) dengan nilai minimum 0,00 dan maksimum 0,50. Berdasarkan klasifikasi Hake (1999), nilai tersebut termasuk kategori rendah (di bawah 0,3), yang berarti perlakuan belum efektif meningkatkan hasil belajar. Namun, pada uji N-Gain terhadap 15 peserta lainnya, diperoleh rata-rata 0,7082 (70,82%) dengan nilai minimum 0,60, maksimum 0,83, dan standar deviasi 7,64. Nilai ini termasuk kategori tinggi (≥ 0,7), yang menunjukkan bahwa perlakuan efektif dalam meningkatkan hasil belajar. Dengan demikian, media PUTAR terbukti layak, praktis, dan efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran matematika, khususnya pada materi operasi aljabar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSyafri, Fatrima Santri198807252020121003UNSPECIFIED
Thesis advisorAmri, Syaiful198803192015032003UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media PUTAR (Permainan Ular Tangga Aljabar)
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadris Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Yuli Astria
Date Deposited: 17 Sep 2025 03:10
Last Modified: 17 Sep 2025 03:10
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5204

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year