PENANAMAN NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA UNTUK MENUMBUHKAN BUDAYA TOLERANSI ANAK DI KAMPUNG RELIGI MULTIKULTURAL DI KELURAHAN SUMUR MELELEH KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

SEFTIKA, TIARA (2025) PENANAMAN NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA UNTUK MENUMBUHKAN BUDAYA TOLERANSI ANAK DI KAMPUNG RELIGI MULTIKULTURAL DI KELURAHAN SUMUR MELELEH KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (887kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (202kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (275kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (200kB)
[img] Text (Skripsi)
SKRIPSI TIARA SEFTIKA _2111210151.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penanaman nilainilai moderasi beragama Untuk menumbuhkan budaya toleransi anak di Kampung Religi Multikultural Di Kelurahan Sumur Meleleh Kota Bengkulu dan Untuk mendeskripsikan dan menganalisa kendala yang dihadapi orang tua dalam Penanaman nilai-nilai moderasi beragama Untuk menumbuhkan budaya toleransi anak di Kampung Religi Multikultural Di Kelurahan Sumur Meleleh Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian ini yaitu data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan datanya yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik keabsahan datanya yaitu triangulasi. Teknik analisis datanya yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu: Proses Penanaman nilai-nilai pendidikan multikultural di Kelurahan Sumur Meleleh. Tahap komunikasi secara verbal kepada anak di Kelurahan Sumur Meleleh yang merupakan tahap awal berupa penjelasan mengenai nilai-nilai pendidikan multikultural yang penting untuk kehidupan yang memiliki keragaman budaya dan agama. Tahap interaksi dua arah yang merupakan tahap kedua dengan interaksi langsung dengan anak yang dikumpulkan di lapangan. Melalui metode peneladanan, pembiasaan dan pergaulan kepada anak sesuai dengan nilai-nilai pendidikan multikultural yaitu nilai toleransi, nilai persatuan, nilai sesamaan/kesetaraan, dan nilai kekerabatan atau persaudaraan. Tahap pembentukan kepribadian merupakan tahap akhir dari penanaman nilai-nilai pendidikan multikultural. Bukan hanya interaksi fisik saja melainkan interaksi batiniah dan kepribadian serta sikap mental yang mengandung nilai toleransi, nilai persatuan, nilai sesamaan/kesetaraan, dan nilai kekerabatan atau persaudaraan. Kendala yang dihadapi orang tua dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam berbasis multikultural anak di Kelurahan Sumur Meleleh, yakni terdapat dari kepribadian anak, orang tua cuek, orang tua yang sibuk bekerja. Selain itu, yang dialami oleh orang tua adalah realita keberagaman agama masyarakat saat ini. Keadaan sosial agama masyarakat belum sepenuhnya mendukung multikulturalisme, khususnya pada masalah-maslaah prinsipil, seperti mengucapkan selamat natal, menghadiri ibadah, dan lain-lain sebagainya. Konteks sosial keagamaan seperti ini juga mempengaruhi proses pembelajaran multikultural di masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorZulkarnain, Zulkarnain196005251987031001UNSPECIFIED
Thesis advisorSyabudin, Rizkan196207021998031002UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Penanaman, Nilai-Nilai Moderasi Beragama, Menumbuhkan Budaya Toleransi, Anak
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 22 Sep 2025 04:10
Last Modified: 22 Sep 2025 04:10
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5301

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year