ANALISIS PRAKTIK JASA ENDORSEMENT USAHA KULINER OLEH TIKTOKERS DALAM PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH DI KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

Khoirunnisa, Wahdah (2025) ANALISIS PRAKTIK JASA ENDORSEMENT USAHA KULINER OLEH TIKTOKERS DALAM PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH DI KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (585kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (722kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (453kB)
[img] Text (Skripsi)
Wahdah Khoirunnisa_2111120075.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Karena kemajuan teknologi dan digital saat ini, banyak pelaku usaha kuliner yang mempromosikan produknya lewat sosial media, salah satunya menggunakan jasa endorsement, Endorsement menjadi salah satu strategi pemasaran modern yang memanfaatkan popularitas influencer di media sosial untuk mempromosikan produk atau jasa. Tujuan Penelitian ini ada 2 yaitu : (1) Mengetahui bagaimana praktik jasa endorsement yang dilakukan oleh tiktokers dalam mempromosikan usaha kuliner di kota Bengkulu. (2) Mengetahui bagaimana praktik jasa endorsement yang dilakukan oleh tiktokers dalam Perspektif Hukum Ekonomi Syariah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis praktik jasa endorsement yang dilakukan oleh para tiktokers terhadap usaha kuliner di Kota Bengkulu dalam perspektif hukum ekonomi syariah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan konsumen, pelaku usaha kuliner dan tiktokers yang terlibat dalam kerja sama endorsement, serta ditinjau dari literatur dan dokumen terkait hukum ekonomi syariah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar praktik endorsement telah memenuhi prinsip-prinsip syariah seperti kejujuran, keterbukaan, dan kehalalan produk yang dipromosikan. Namun, ditemukan pula beberapa ketidaksesuaian, seperti ketidakjelasan dalam review sehingga mengecewakan konsumen, tidak adanya kontrak tertulis, dan melebih-lebihkan dalam mereviewnya. Oleh karena itu, diperlukan penguatan pemahaman para pelaku endorsement terhadap prinsip hukum ekonomi syariah agar kerja sama yang dilakukan tidak bertentangan dengan nilai-nilai Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorKhairuddin, Khairuddin196711141993031002UNSPECIFIED
Thesis advisorDarussalam, Hidayat198611072020121008UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Endorsement, TikTokers, Usaha Kuliner, Hukum Ekonomi Syariah, Kota Bengkulu
Subjects: Syari'ah > Hukum Ekonomi Syari'ah
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Yuli Astria
Date Deposited: 23 Sep 2025 01:58
Last Modified: 23 Sep 2025 01:58
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5335

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year