WARDOYO, SAPTO (2025) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH MATERI PERANAN HUTAN TERHADAP KESEIMBANGAN EKOSISTEM UNTUK MENINGKATKAN PROBLEM SOLVING SKILL. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
DEPAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (330kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (287kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (536kB) |
![]() |
Text (SKRIPSI)
SAPTO WARDOYO_2111260005.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan modul pembelajaran IPA berbasis problem-based learning (PBL) untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa kelas VII pada materi peranan hutan terhadap keseimbangan ekosistem di SMP Negeri 5 Kota Bengkulu. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya keterlibatan siswa akibat dominasi metode konvensional dan kurangnya media pembelajaran yang melatih berpikir kritis secara kontekstual. Solusinya, dikembangkan modul berbasis masalah yang mengintegrasikan konsep ilmiah dengan permasalahan lingkungan sekitar. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Tahap analisis meliputi observasi, wawancara guru, dan analisis kebutuhan siswa. Desain modul disusun berdasarkan sintaks PBL serta perancangan evaluasi. Modul divalidasi oleh ahli materi, media, dan bahasa, lalu diujicobakan secara terbatas dan luas pada siswa kelas VII. Hasil validasi menunjukkan modul termasuk kategori ―sangat layak‖ (skor >85%) pada aspek isi, bahasa, grafis, dan kesesuaian dengan model PBL. Uji coba kelompok kecil (20 siswa) dan besar (30 siswa) menunjukkan respons positif, dengan kepraktisan 85,53% (kategori ―sangat praktis‖). Efektivitas modul terbukti melalui peningkatan signifikan nilai problem solving siswa, dengan rata-rata posttest naik 12,585 poin dibandingkan pretest (p = 0,000). Kesimpulannya, modul ini valid, efektif, dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran IPA. Modul mampu mendorong siswa berpikir kritis, memecahkan masalah secara ilmiah, dan memahami konsep ekosistem kontekstual. Oleh karena itu, modul ini direkomendasikan untuk pembelajaran IPA tingkat SMP/MTs guna meningkatkan keterampilan abad ke-21, khususnya pemecahan masalah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | problem-based learning, keterampilan pemecahan masalah, modul IPA, peranan hutan, keseimbangan ekosistem. | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Tadris Ilmu Pengetahuan Alam | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Ilmu Pengetahuan Alam | ||||||||||||
Depositing User: | Yuliana Saputri | ||||||||||||
Date Deposited: | 24 Sep 2025 01:33 | ||||||||||||
Last Modified: | 24 Sep 2025 01:33 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5377 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year