PERAN GURU DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI METODE MEMBACA GLOBAL SISWA KELAS RENDAH MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SDIT UMMU FATHIMAH KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

ALPITA, WANDA (2025) PERAN GURU DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI METODE MEMBACA GLOBAL SISWA KELAS RENDAH MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SDIT UMMU FATHIMAH KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (409kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (375kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (206kB)
[img] Text (SKRIPSI)
WANDA ALPITA_2111240208.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam menumbuhkan motivasi membaca melalui metode membaca global pada siswa kelas rendah. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SDIT Ummu Fathimah Kota Bengkulu. Sumber data yang digunakan berupa primer dari kepala sekolah, guru kelas rendah dan siswa, serta sekunder dari teori dan penelitian terdahulu. Teknik pengumpulan data yakni observasi, wawancara dan dokumentasi dianalisis dengan reduksi data, penyajian data serta kesimpulan. Hasil menunjukkan bahwa ada lima tahapan dalam penerapan metode membaca global di SDIT Ummu Fathimah Kota Bengkulu meliputi Penyajian Kalimat, Pengenalan Kalimat, Penguraian Kalimat, Penguraian Kata dan Penguraian Suku Kata. Metode ini menekankan pada pemahaman makna keseluruhan kalimat sebelum memecahnya menjadi bagian-bagian yang lebih kecil.Tujuannya adalah agar siswa dapat membaca dengan lebih lancar dan memahami makna teks dengan lebih baik. Sehingga guru dapat menggunakan variasi kartu-kartu kata untuk menguraikan kalimat singkat berupa judul dan menempelnya di papan tulis, menyesuaikan dengan gambar pada kalimat tersebut. Sebagai variasi guru SDIT Ummu Fathimah menggunakan gambar untuk menguraikan kalimat dan menempelnya di papan tulis atau tempat lain yang lebih menarik. Berdasarkan kemampuan dan motivasi siswa setelah menggunakan metode membaca global, terdapat peningkatan motivasi terkhusus dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorWiwinda, Wiwinda197606042001122004UNSPECIFIED
Thesis advisorMustamin, Abdul Aziz198504292015091007UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Membaca Global, Bahasa Indonesia
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 25 Sep 2025 08:32
Last Modified: 25 Sep 2025 08:32
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5479

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year