Izati, Salsabilla (2025) KOMUNIKASI ASERTIF MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN SKRIPSI (Studi Pada Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu). Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (334kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (367kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (251kB) |
![]() |
Text (SKRIPSI)
SALSABILLA IZATI_2111310026.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tahapan penyelesaian studi merupakan fase penting yang sering dihadapkan tantangan terutama dalam berkomunikasi dengan dosen pembimbing. Komunikasi asertif, yang ditandai dengan kemampuan mengekspresikan kebutuhan dan keinginan secara jelas dan hormat, berperan krusial dalam proses bimbingan skripsi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Komunikasi Asertif Mahasiswa dalam menyelesaikan studi di Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif melalui wawancara dan observasi. Informan dari penelitian ini adalah mahasiswa Prodi KPI semester delapan, informan berjumlah Sembilan orang. Hasil penelitian dapat disimpulkan 1.Bentuk Komunikasi asertif Mahasiswa: Mahasiswa menunjukkan bentuk komunikasi yang asertif selama proses bimbingan skripsi. Hal ini ditunjukkan dengan: a). Inisiatif dalam menghubungi dosen pembimbing terlebih dahulu untuk menjadwalkan bimbingan, baik melalui chat maupun datang langsung ke ruang dosen. b). Kemampuan menyampaikan pertanyaan, pendapat, dan kesulitan dengan bahasa yang sopan dan jelas tanpa menyinggung dosen. c). Penerimaan terhadap arahan dan saran dari dosen pembimbing, meskipun dalam beberapa kasus mahasiswa merasa kewalahan atau tidak sependapat, namun tetap mampu menyampaikannya dengan cara yang santun dan terbuka. d). Sikap aktif dalam proses bimbingan, seperti mendengarkan dengan baik saat dosen menjelaskan, mencatat atau merekam penjelasan agar dapat dipahami kembali, serta tidak ragu bertanya ulang jika ada materi yang belum dimengerti. e). Adanya adaptasi emosional, di mana mahasiswa sempat merasa cemas atau takut pada awal bimbingan, tetapi kemudian mampu menyesuaikan diri dan membangun komunikasi yang positif serta profesional. 2Hambatan dalam Komunikasi Mahasiswa dengan Dosen Pembimbing: a). Hambatan Lingkungan, seperti padatnya jadwal dosen pembimbing yang menyebabkan keterbatasan waktu untuk melakukan bimbingan. Hal ini dialami oleh hampir seluruh informan, yang harus menyesuaikan diri dengan waktu yang tersedia. b). Hambatan Psikologis, seperti rasa malas, kecemasan, kurang motivasi, dan kebingungan menghadapi isi atau revisi skripsi. Rasa malas ini menjadi faktor penghambat utama bagi sebagian mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi tepat waktu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Asertif, Mahasiswa, Penyelesaian Studi, Skripsi | ||||||||||||
Subjects: | Ushuluddin, Adab dan Dakwah > Komunikasi Dan Penyiaran Islam | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah > Komunikasi Dan Penyiaran Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Yuliana Saputri | ||||||||||||
Date Deposited: | 29 Sep 2025 01:30 | ||||||||||||
Last Modified: | 29 Sep 2025 01:30 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5484 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year